HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA

Farah Munirah, Suryane Sulistiana Susanti, Fithria Fithria

Abstract


Bahaya penyebaran Covid-19 mengharuskan mahasiswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online yang membutuhkan pendampingan keluarga. Peran keluarga pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini kuantitatif, deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 701 Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling dimana sebanyak 118 Mahasiswa angkatan 2021 berpartisipasi dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner baku Perceived Sosial Support From Family (PSS-Fa) dan kuesioner the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala  (P-value = 0,01). Rekomendasi pada penelitian ini adalah mahasiswa hendaknya dapat memanfaatkan sumber-sumber dukungan yang ada dari keluarga seperti dukungan informasional, penilaian atau penghargaan, instrumental dan emosional sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya


Full Text:

PDF

References


Ardhiyah, M. A. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5–8.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Desiverlina, B. (2014). Hubungan kecerdasan emosional dan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa di sekolah SMK kesehatan samarinda. Psikoborneo, 2(4), 238–243. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3670

Fitria, L., Barseli, M., & Padang. (2021). Kontribusi Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Broken Home. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 6–9.

Kumala, M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ners Semester 7 Stikes Patria Husada Blitar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–9.

Lestari, S. dan S. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Lansia Hipertensi Dalam Memeriksa Tekanan Darahnya. Jom Psik Vol 1 No. 2. 2006, 1–10.

Lincoln, A., & Sudirman, S. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Mahasiswa Yang Indekos Dengan Mahasiswa Yang tInggal Bersama Orang Tua. Journal of Millennial Community, 1(2), 45. https://doi.org/10.24114/jmic.v1i2.14370

Nasution, S. Z., Purba, W. D., Keperawatan, F., & Utara, U. S. (2015). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Mahasiswa Reguler Menjalani Pendidikan Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. JPPNI vol., 83–94.

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1.

Safitri, F., & Yuniwati, C. (2019). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 2(2), 154. https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i2.248

Saragih et al. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda), 73–77.

Suyono, A. (2016). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Yang Dimediasi Oleh Fasilitas Belajar. Journal of Accounting and Business Education, 1(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6014

Zhelina, Z. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Dan Perbedaan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id