HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA SISWA MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER

Durratul Syazuana, Fithria Fithria, Neti Hartaty

Abstract


Ujian Akhir semester (UAS) merupakan alat untuk mengukur kemampuan siswa setelah satu semester mengikuti pembelajaran. Kecemasan adalah salah satu fenomena yang sering dialami oleh siswa saat akan menjalani ujian. Kecemasan dapat berkurang apabila adanya dukungan yang baik dari keluarga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada siswa menjelang ujian akhir semester di SMAN Aceh Besar.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif koleratifdengan desain cross sectional study.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar.Teknik pengambilan sampel adalah non problability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner baku yaitu kuesioner Perceived Sosial Support From Family (PSS-Fa) untuk dukungan keluarga dan kuesioner HARS(Hamilton anxiety rating scale) untuk tingkat kecemasan. Data dianalis menggunakan chi-square. Hasil penelitian terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada siswa menjelang ujian akhir semester (P-value = 0,04). Diharapkan kepada keluarga untuk selalu memberikan dukungan baik dari dukungan informasional, dukungan penilaian, dukungan instrumental, dan dukungan emosional agar kecemasan yang dirasakan oleh siswa saat menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) dapat berkurang.


Full Text:

PDF

References


Annisa, D.F. &Ifdil, I. (2016).Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), Pp.93-99.

Bulkhaini, D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi SBMPTN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan

keluarga: Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Maisaroh, E. N., & Falah, F. (2011).Hubungan antara Religiusitas dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional (UN). Jurnal Proyeksi, 6(2), 78-88.

Ningrum, L. R. (2013). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri remaja pada siswa kelas X di SMKN 2 malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Novena, O. D., & Dinata, I. M. K. (2016).Peningkatan Kecemasan Siswa Menjelang Ujian Akhir Semester di Sman 4 Denpasar. E-Jurnal Medika Udayana, 5(10), 1-6.

Nuryanti., 2010. Efektivitas Brain Gym Dalam Menurunkan Kecemasan Siswa. Pendidikan Penabur 2004;3:89-107.

Perdana Perdana, F.S., 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Kecemasan Menghadapi Ulangan Akhir Semester Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(9), Pp.503-514. Praktik, Ed.5. Jakarta: EGC.

Prihatsanti, U. (2014). Dukungan Keluarga dan Modal Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip. Vol 13 No.2, 196-201.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susilawati, E. F., Syakura, A., & YB, D. V. (2020). Dukungan Orang Tua Dapat Meningkatkan Prestasi Siswa Boarding School Di Mi Mambaul Ulum Powak Tlonto Raja Pasean Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), 190-200.

World Health Organization. (2017). Depression and other common mental disorders Global


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id