HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN DAN KEMAMPUAN BERADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA

Puspa Rafnadila, Aiyub Aiyub, Elka Halifah

Abstract


Kecemasan merupakan keadaan emosi dan perasaan khawatir yang sering terjadi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi tidak hanya itu kemampuan beradaptasi juga sering di alami mahasiswa tahun pertama dimana suasana lingkungan baru membuat mereka harus menyesuaikan diri agar mampu bertahan dilingkungan tersebut dan self efficacy diduga berhubungan dengan penurunan tingkat kecemasan dan kemampuan beradaptasi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap kecemasan dan kemampuan beradaptasi mahasiswa pada tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah sampel 224 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga kuesioner baku yaitu General Self Efficacy (GSE), Zung Self Rating Anxiety Scale (ZRAS), dan College Adjustment Scale (CAS). Analisis bivariat menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan self efficacy terhadap kecemasan pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala (p-value 0,000) dan ada hubungan self efficacy terhadap tingkat kemampuan beradaptasi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala (p-value 0,002). Dan disarankan kepada mahasiswa agar yakin terhadap diri sendiri serta dosen yang dapat memberikan bimbingan  dan arahan pada mahasiswa agar tidak cemas dan mampu beradaptasi dalam perkuliahan ditahun pertama.         


Full Text:

PDF

References


Aulia, R. (2015). Hubungan self efficacy dengan tingkat kemampuan adaptasi pada mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Bandura, A. (1997). Theoretical Perspectives: the nature of human agency. In Self-efficacy:The exercise of control (p. 3). New york : Freeman

Fuad, F. T. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan stres psikologis pada mahasiswa tahun pertama fakultas psikologi Universitas Indonesia. Skripsi. Universitas Indonesia.

Hartono, D. (2012). Pengaruh Self Efficacy terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self efficacy dengan penyesuain diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 172–178.

Komarraju, M., & Nadler, D. 2013. Self-efficacy and academic achievement: why do implicit beliefs, goals, and effort regulation matter? Learning and Individual Differences. Elsevier. 25, 67– 72.

Rauf, S. N. (2017). Perbandingan tingkat kecemasan antara mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Dokter dan program studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Hasanuddin angkatan 2017. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Saba, R. T., Lisiswanti, R., & Cania, E. (2018). Hubungan Self-efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Fakultas Kedokteran Universitas

Lampung, 7, 12–16.

Sari, R. D., & Maulina, B. (2018). Derajat stres mahasiswa baru Fakultas Kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. Jurnal Psikolog Pendidikan & Konseling, 4 (1), 1-5.

Stuart & Sundeen. (1998). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. St. Louise: Mosby-Year Book.

Utami, G.T, Karim, D., & Pebriani, S. (2020). Hubungan Kecemasan Dengan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Baru Fakultas Keperawatan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa FKp. 7(2), 72–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id