BURNOUT MAHASISWA KEPERAWATANDALAMMENGIKUTI PROGRAM PROFESI NERSDI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130.
https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709
Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.
Covid-19, G. (2021). Peta Sebaran Covid-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran
Dini, m. P., fitryasari, r., & asmoro, c. P. (2020). ( Jurnal Keperawatan Jiwa ) Akademik Dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners : Studi ( The Relationship Between Self Efficacy And Academic Workloads With Stress of.Jurnal Keperawatan Jiwa, 2(2), 78–92.
Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021
Goulart, R. M. da S. C. T., Luis Felipe Dias Lopes, Patrícia Maria Serrano, Ana Lucia Siqueira Costa, & Laura de Azevedo Guido. (2014). Hardy personality and burnout syndrome among nursing students in three Brazilian universities-an analytic study. BMC Nursing [revista en Internet] 2014 [acceso 08 de setiembre de 2020]; 13 (9): 1-6. BMC Nursing, 13(9), 1–6. https://bmcnurs.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6955-13-9
Herawati, A. (2019). Pengaruh pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau. Psikoborneo, 7(2), 392–405.
Ilahi, A. D. W., Rachma, V., Janastri, W., & Karyani, U. (2021). The Level of Anxiety of Students during the Covid-19 Pandemic: Tingkat Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–6.
Islami, S. (2019). Fenomena Burnout pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Satu: Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.31227/osf.io/sabfj
Kemendikbud. (2021). Tantangan Dalam Pembelajaran Perguruan Tinggi Dan Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. In Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321
Kementrian Kesehatan, R. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Kementrian Kesehatan, RI, 4, 1–214.
Lavrova, K., & Levin, A. (2006). Burnout syndrome : Prevention and management. Handbook for Workers of Harm Reduction Programs, 8.
Maramis, J. R., & Tawaang, E. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Burnout Pada Mahasiswa Profesi Ners Universitas Klabat Di Era Pandemi Covid 19. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 67. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.546
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Burnout. Stress: Concepts, Cognition, Emotion, and Behavior: Handbook of Stress, 351–357. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-800951-2.00044-3
Maslach, C, Jackson, S., & Manuel, M. B. I. (1986). Le MBI : MASLACH. 3–5.
Maslach, Christina, & Jackson, E. S. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal of Organizational Behavior, 2.99-133, 641–642. https://doi.org/10.1002/job.467
Maslach, Christina, Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Ob urnout. 397–422.
Novianti, R. (2021). Jurnal Kesehatan Perintis. 8(2), 128–133.
Pambudi, P. setyo, & Wijayanti, D. Y. (2018). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Chinese Pharmacological Bulletin, 34(5), 712–716. https://doi.org/10.3969/j.issn.1001-1978.2018.05.024
Puspitasari, D. I., Suprayitno, E., & Bustami, B. (2021). Tingkat Stres Kerja Perawat Instalasi Gawat Darurat pada Masa Pandemi Covid-19. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 11(1), 25–29. https://doi.org/10.24929/fik.v11i1.1350
Putri, B. V. F. M., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding Sanintek Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram, 3(November 2020), 282–292.
RI, Kemenkes. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. In Jurnal ARSI (Vol. 5, Issue 2). https://arxiv.org/pdf/1707.06526.pdf%0Ahttps://www.yrpri.org%0Ahttp://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000%0Ahttps://www.fordfoundation.org/%0Ahttp://bibliotecavirtual.clacso.org.ar/Republica_Dominicana/ccp/20120731051903/prep%0Ahttp://webpc.cia
Salmah. (2016). Culture Shock dan Strategi Coping Pada Mahasiswa Asing Program Darmasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 568–575. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4245
Simanungkalit, B., Suardiyanti, P. N., & Andini, A. M. (2021). Januari - April Artikel Asli Gambaran Kepatuhan Mahasiswa Pre Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia dalam Menjalankan Protokol Kesehatan New Normal Pandemi Covid-19 Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Dokter Muda Dep. XXXVII(1), 3–8.
Simbolon, I. (2015). Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 29–37. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i01.16
Suryani, S., Sanusi, R., & Hadianto, T. (2017). Persepsi Mahasiswa Mengenal Lingkungan Belajar Klinik dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi Ners. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(3), 185. https://doi.org/10.22146/jpki.32223
WHO. (2021). WHO Corona Virus (Covid-19) Dashboard. https://covid19.who.int/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id