BURNOUT MAHASISWA KEPERAWATANDALAMMENGIKUTI PROGRAM PROFESI NERSDI MASA PANDEMI COVID-19

Sharfina Hidayati, Riski Amalia, Aiyub Aiyub

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terus meningkat membuat sistem pembelajaran mahasiswa profesi ners berubah untuk mencegah pencegahan terhadap penularan virus Covid-19. Mahasiswa profesi ners harus menerapkan beberapa protokol kesehatan secara ketat, mahasiswa merasa takut tertular Covid-19 karena jika tertular akan terancam gagal pada stase Kepaniteraan Klinik Keperawatan Senior (K3S). Banyaknya penugasan mahasiswa Profesi Ners juga menambah beban. Kondisi seperti ini terus berlanjut dan dapat menyebabkan burnout. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah  mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dengan menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 78 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu Maslach Burnout Inventor (MBI). Hasil menunjukkan bahwa 34 responden (43,56%) burnout sedang, 26 responden (33,33%) burnout tinggi dan 18 responden (23,08%) burnout rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala berada pada burnout sedang. Bagi mahasiswa agar selalu menyiapkan diri untuk menghadapi pendidikan profesi ners di masa pandemi Covid-19 agar menghindari resiko terjadinya burnout syndrome.

Full Text:

PDF

References


Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130.

https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709

Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.

Covid-19, G. (2021). Peta Sebaran Covid-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran

Dini, m. P., fitryasari, r., & asmoro, c. P. (2020). ( Jurnal Keperawatan Jiwa ) Akademik Dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners : Studi ( The Relationship Between Self Efficacy And Academic Workloads With Stress of.Jurnal Keperawatan Jiwa, 2(2), 78–92.

Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021

Goulart, R. M. da S. C. T., Luis Felipe Dias Lopes, Patrícia Maria Serrano, Ana Lucia Siqueira Costa, & Laura de Azevedo Guido. (2014). Hardy personality and burnout syndrome among nursing students in three Brazilian universities-an analytic study. BMC Nursing [revista en Internet] 2014 [acceso 08 de setiembre de 2020]; 13 (9): 1-6. BMC Nursing, 13(9), 1–6. https://bmcnurs.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6955-13-9

Herawati, A. (2019). Pengaruh pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau. Psikoborneo, 7(2), 392–405.

Ilahi, A. D. W., Rachma, V., Janastri, W., & Karyani, U. (2021). The Level of Anxiety of Students during the Covid-19 Pandemic: Tingkat Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–6.

Islami, S. (2019). Fenomena Burnout pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Satu: Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.31227/osf.io/sabfj

Kemendikbud. (2021). Tantangan Dalam Pembelajaran Perguruan Tinggi Dan Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. In Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321

Kementrian Kesehatan, R. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Kementrian Kesehatan, RI, 4, 1–214.

Lavrova, K., & Levin, A. (2006). Burnout syndrome : Prevention and management. Handbook for Workers of Harm Reduction Programs, 8.

Maramis, J. R., & Tawaang, E. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Burnout Pada Mahasiswa Profesi Ners Universitas Klabat Di Era Pandemi Covid 19. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 67. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.546

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Burnout. Stress: Concepts, Cognition, Emotion, and Behavior: Handbook of Stress, 351–357. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-800951-2.00044-3

Maslach, C, Jackson, S., & Manuel, M. B. I. (1986). Le MBI : MASLACH. 3–5.

Maslach, Christina, & Jackson, E. S. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal of Organizational Behavior, 2.99-133, 641–642. https://doi.org/10.1002/job.467

Maslach, Christina, Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Ob urnout. 397–422.

Novianti, R. (2021). Jurnal Kesehatan Perintis. 8(2), 128–133.

Pambudi, P. setyo, & Wijayanti, D. Y. (2018). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Chinese Pharmacological Bulletin, 34(5), 712–716. https://doi.org/10.3969/j.issn.1001-1978.2018.05.024

Puspitasari, D. I., Suprayitno, E., & Bustami, B. (2021). Tingkat Stres Kerja Perawat Instalasi Gawat Darurat pada Masa Pandemi Covid-19. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 11(1), 25–29. https://doi.org/10.24929/fik.v11i1.1350

Putri, B. V. F. M., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding Sanintek Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram, 3(November 2020), 282–292.

RI, Kemenkes. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. In Jurnal ARSI (Vol. 5, Issue 2). https://arxiv.org/pdf/1707.06526.pdf%0Ahttps://www.yrpri.org%0Ahttp://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000%0Ahttps://www.fordfoundation.org/%0Ahttp://bibliotecavirtual.clacso.org.ar/Republica_Dominicana/ccp/20120731051903/prep%0Ahttp://webpc.cia

Salmah. (2016). Culture Shock dan Strategi Coping Pada Mahasiswa Asing Program Darmasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 568–575. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4245

Simanungkalit, B., Suardiyanti, P. N., & Andini, A. M. (2021). Januari - April Artikel Asli Gambaran Kepatuhan Mahasiswa Pre Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia dalam Menjalankan Protokol Kesehatan New Normal Pandemi Covid-19 Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Dokter Muda Dep. XXXVII(1), 3–8.

Simbolon, I. (2015). Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 29–37. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i01.16

Suryani, S., Sanusi, R., & Hadianto, T. (2017). Persepsi Mahasiswa Mengenal Lingkungan Belajar Klinik dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi Ners. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(3), 185. https://doi.org/10.22146/jpki.32223

WHO. (2021). WHO Corona Virus (Covid-19) Dashboard. https://covid19.who.int/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id