PENGALAMAN BELAJAR PRAKTIKUM SECARA ONLINE PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Intan Suci Rahayu, Noraliyatun Jannah, Putri Mayasari

Abstract


Kemunculan virus corona membuat tatanan kehidupan baru bagi dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan baru mengenai kuliah online di masa pandemi Covid-19. Praktikum keperawatan juga dilaksanakan secara online, sehingga memberikan pengalaman belajar baru pada mahasiswa keperawatan baik dari aspek kebermaknaan, komprehensifitas dan pengelolaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman belajar praktikum secara online selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain deskriptif eksploratif, dengan populasi berjumlah 555 orang dan jumlah sampel sebanyak 233 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi rata-rata jawaban responden terhadap kuesioner pengalaman belajar adalah 5,57 (79,6%) yang menunjukkan berada pada skala “agak setuju-setuju”. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan mendapatkan pengalaman belajar yang positif pada ketiga aspek lingkungan belajar kebermaknaan, komprehensifitas dan pengelolaan pada praktikum yang dilaksanakan secara online. Diharapkan bagi mahasiswa keperawatan harus lebih giat dalam belajar dan mengambil pelajaran yang baik dari praktikum secara online, agar ilmu yang sudah diberikan selama pembelajaran praktikum secara online dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk menjadi calon perawat yang berkompeten di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Apriani, E. S., Somantri, I., & Pahria, T. (2020). Pengalaman belajar mahasiswa keperawatan dalam mengikuti proses pembelajaran praktikum di laboratorium. Journal of Nursing Care, 3(2), 60–70.

Borglund, D., Carlsson, U., Tosti, M. C., Havtun, H., Hjelm, N., Naimi-Akbar, I., & KTH. (2016). Learning experience questionnaire: course analysis for development, version 2 ECE teaching and learning in higher education no 2. Stockholm: KTH Vetenskap Och Konst.

CNN Indonesia. (2020). 2 Positif corona, Banda Aceh terapkan lockdown. Diakses melalui https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200328072123-20-487729/2-positif-corona-banda-aceh-terapkan-lockdown

Ifdhal, M. (2020). Unsyiah laksanakan pembelajaran online cegah corona. Diakses melalui https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/1360142/unsyiah-laksanakan-pembelajaran-online-cegah-corona

ILO. (2020). Dalam menghadapi pandemi: memastikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja. Labour Administration, Labour Inspection and Occupational Safety and Health Branch (LABADMIN/OSH) Route, 1–52. Diakses melalui https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_742959.pdf

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud dorong pembelajaran online bagi kampus di wilayah terdampak Covid-19. Diakses melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-dorong-pembelajaran-online-bagi-kampus-di-wilayah-terdampak-covid19

Kemenkes RI. (2020). Keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/menkes/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (Covid-19). MenKes/413/2020, 2019, 1–207.

Mislinawati, & Fitriani, S. (2020). Tingkat partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan elearning melalui forum diskusi di PGSD FKIP Unsyiah. Jurnal Pesona Dasar, 8(2), 36–42.

Oducado, R. M. F., & Estoque, H. V. (2021). Online learning in nursing education during the COVID-19 pandemic: stress, satisfaction, and academic performance. Journal Of Nursing Practice, 4(2), 143–153.

Purnawinadi, I. G. (2021). Dampak pandemi covid-19 pada prestasi belajar mahasiswa keperawatan tahap akademik. Jurnal Skolastik Keperawatan, 7(1), 63–69.

Redaksi. (2020). Unsyiah perpanjang kuliah online sampai akhir semester genap. Diakses melalui https://www.wartaaceh.com/edukasi/Unsyiah-Perpanjang-Kuliah-Online-Sampai-Akhir-Semester-Genap

Reubee, A. A. (2020). Unsyiah perpanjang kuliah online sampai Desember. Diakses melalui https://m.mediaindonesia.com/nusantara/354844/unsyiah-perpanjang-kuliah-online-sampai-desember

Tafdhila, Marleni, L., & Saputra, A. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar di masa pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Keperawatan Stik Siti Khadijah Palembang. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 576–584.

Wulandini, P., & Sukarni. (2021). Kepuasan mahasiswa kesehatan dengan metode perkuliahan online saat pandemi Covid 19. Jurnal Menara Medika, 2(2), 119–127.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lock down sebagai antisipasi penyebaran corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(3), 227–238.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id