PENERAPAN PRE DAN POST CONFERENCE DI RUANG RAWAT INAP : SUATU STUDI KASUS

Zaira Harvia, Elly Wardani, Andara Maurissa

Abstract


Manajemen keperawatan merupakan sebuah pelayanan keperawatan profesional yang salah satunya menggunakan metode tim dengan mengelola dan menjalankan fungsi manajemen keperawatan sehingga pencapaian tujuan dapat dilakukan secara optimal. Kegiatan manajemen keperawatan yang dilakukan menggunakan pendekatan fungsi manajemen pengarahan dengan komunikasi yang efektif dalam bentuk pre dan post conference keperawatan. Pre conference adalah komunikasi katim dan perawat pelaksana setelah selesai serah terima untuk rencana kegiatan pada shift tersebut yang dipimpin oleh ketua tim atau penanggung jawab tim. Sedangkan post conference adalah komunikasi katim dan perawat pelaksana tentang hasil kegiatan sesudah implementasi asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana gambaran penerapan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode studi deskrikptif yang menyajikan gambaran penerapan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda aceh. Penelitian ini melibatkan 17 perawat ruang Zamzam 3 dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form yang berisi pertanyaan mengenai data demografi dan gambaran mengenai pelaksanaan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda Aceh. Hasil observasi menjelaskan optimalisasi peran kepala ruang dan ketua tim dalam pelaksanaan pre dan post conference sudah telaksana namun belum optimal. Sedangkan hasil kuesioner didapatkan sebanyak 10 (59,0%) perawat ruang Zamzam 3 berpendapat bahwa pelaksanaan pre dan post conference sudah terlaksanakan dengan katagori baik. Sedangkan 7 (41,0%) perawat lainnya sudah terlaksanan dengan katagori cukup.


Full Text:

PDF

References


Amalia, E. et,al. (2015). Jurnal hubungan pre dan post conference keperawatan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di RSUD DR. Achmad Mochtar Bukit tinggi. Jurnal Kesehatan Perintis, 2, 117-124.

Marquis, B. L. & Huston, C. J. (2017). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC

Mugianti, Sri. (2016). Manajemen dan Kepemimpinan Dalam Praktik Keperawatan. Jakarta; Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Pusdik SDM Kesehatan.

Permatasari, D. et, al. (2014). Jurnal Efektifitas post conference terhadap operan sift di ruang rawat inap RSUD Ungarang. UMS

Rezkiki, F & Ilfa, A. (2018) Pengaruh Supervisi Terhadap Kelengkapan Dokumentasi Asuhan Keperawatan Di Ruangan Non Bedah. REAL in Nursing Journal (RNJ).

Seniwati, et, al. (2014). Jurnal Evaluasi operan, pre post conference supervisi dan kinerja perawat di RSU Haji Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id