HUBUNGAN RESILIENSI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA MASA PANDEMI COVID-19

Nur Riska Amalia, Aiyub Aiyub, Jufrizal Jufrizal

Abstract


Peningkatan prevalensi Covid-19 mengakibatkan perubahan pola hidup masyarakat di seluruh dunia, khususnya dalam bidang pendidikan. Sistem Dalam jaringan (Daring) yang diberlakukan oleh pemerintah guna mengurangi penyebaran Covid-19 dan risiko kematian menyebabkan beberapa kendala selama proses pembelajaran, seperti peningkatan stres akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan resiliensi diri dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Pemilihan Sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 136 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua kuesioner baku yaitu The Academic Resilience Scale (ARS-30) dan Student Academic Stress Scale (SASS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor resiliensi yaitu 113,76 dan rata-rata skor stres akademik yaitu 145,80. Data dianalisa dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment, sehingga diperoleh nilai r sebesar -0,411 dan p-value 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dengan arah hubungan negatif. Direkomendasikan kepada tenaga pendidik agar mengajarkan materi dengan menggunakan metode yang mudah dipahami selama perkuliahan daring sehingga dapat meminimalkan terjadinya stres akademik pada Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ade, Samsul, & Dinda. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2), 240–246.

Amelia, S. (2014). Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 1(2), 1–9.

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139.

Arifin, M. (2016). Islam dan Akulturasi Budaya Lokal di Aceh (Studi Terhadap Spiritual Rah Ulei di Kuburan dalam Masyarakat Pidie. 15(2), 251–284.

Astiti, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Depresi pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di RSUD Panembahan Senopati Bantul (Issue 564). Muhammadiyah Yogyakarta.

Astuti, F., & Edwina, T. N. (2017). Resiliensi pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Kelas karyawan Ditinjau dari Konsep Diri.

Azzahra, F. (2017). Pengaruh Resiliensi Terhadap Distres Psikologis

Pada Mahasiswa. Jurnal Lmiah Psikologi Terapan, 6(01), 5–9.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143.

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(1), 32.

Covid-19, G. T. (2021). Data Sebaran Covid-19. https://covid19.go.id/

Hamzah, & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59.

Hasanah, F. N., & Setiawan, T. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Studi di IAIN Pekalongan). Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(1), 12–23.

Hasanah, U., Ludiana, & Immawati. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Prenadamedia Group.

Hendriani, W., Psikologi, F., & Airlangga, U. (2017). Adaptasi Positif Pada Resiliensi Akademik. Humanitas, 14(2), 139–149.

Kartika, R. (2020). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Dan Teknologi, 1(2), 107–115.

Khomsah, Rizani, N., Mugiarso, H., & Kurniawan, K. (2018). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(2), 38–43. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Kountul, Y. P. D., Kolibu, F. K., Korompis, G. E. C., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Sebaya, P. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Nomophobia Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Kesmas, 9(6).

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31.

Lubis, I. A. (2017). Gambaran Resiliensi Akademik Pada First Generation College Students (Fgcs) Di Fakultas Psikologi Usu Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2020). Analisis Tingkat Ketangguahan Remaja Di Sma N5 Kota Jambi. Jambi Medical Journal, 9(JAMHESIC 2020). Maylani, P., & Kusdiyati, S. (2020). Pengaruh Resiliensi terhadap Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi, 2001, 374–380.

Muslim, M. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Prihartono, M. N., Sutini, T., & Widianti, E. (2018). Gambran Resiliensi Mahasiswa Tahun Pertama Program A2016 Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran. Jurnal Keperawatan BSI, 6(1), 96–104.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73.

Riazul, J., & Harri, S. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146.

Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37.

Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid 19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 9(1), 17–22. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45.

WHO. (2018). Guidance on ethical considerations in planning and reviewing research studies on sexual and reproductive health in adolescents. World Health Organization.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(2), 147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id