HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PROTOKOL KESEHATAN DENGAN KESIAPAN BELAJAR TATAP MUKA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Anastasya Metusalach, Noraliyatun Jannah, Andara Maurissa

Abstract


Kemunculan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) membawa perubahan besar dalam bidang pendidikan Indonesia pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka di lingkungan satuan pendidikan, menjadi pembelajaran online dari rumah. Pemberlakuan kembali kebijakan belajar tatap muka di lingkungan satuan pendidikan dengan tetap menjalakan protokol kesehatan Covid-19 mewajibkan mahasiswa memiliki pengetahuan protokol kesehatan yang baik. Kesiapan belajar mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di lingkungan satuan pendidikan, menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan protokol kesehatan dengan kesiapan belajar tatap muka mahasiswa. Desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional study. Sebanyak 380 orang mahasiswa dipilih dengan teknik purposive sampling, alat pengumpulan data adalah kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data univariate dan analisis Chi-Square dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan protokol kesehatan mahasiswa Universitas Syiah Kuala 66,3% berada pada kategori baik. Kesiapan belajar tatap muka mahasiswa Universitas Syiah Kuala tertinggi berada pada kategori siap yaitu 50,8%, dan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan protokol kesehatan dengan kesiapan belajar tatap muka mahasiswa dengan nilai p-value 0,065>0,05. Diharapkan bagi pihak Universitas Syiah Kuala untuk terus memberikan edukasi terkait protokol kesehatan dan mempersiapkan lingkungan kampus yang aman dari penyebaran Covid-19 saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan

Full Text:

PDF

References


Adkhana, D. N., Setyawan, A., Supriyadi, & Purwitaningtyas, R. Y. (2020). Pengetahuan Mahasiswa Baru Keperawatan Tentang Protokol COVID-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 711–718.

Baskara & Laviana. (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. 1(2), 61–70.

Ferdian, A., Maryam, S., & Selamat, I. N. (2018). Analisis Kesapan Belajar Siswa Kelas X Mipa Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(1), 8.

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21177

Himmi, Nailul & Azni, A. (2017). Hubungan Kesiapan Belajar dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.

Journal of Teh Mathematics Education Study Program.

Kemendikbud RI. (2020). Buku Saku Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. Buku Saku, September.

https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/09/booklet-1.pdf

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402.

https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840

Panjaitan, F. F., & Isnayanti, D. (2020). ARTIKEL PENELITIAN Perbandingan Kesiapan Belajar Mandiri Pada Setiap Angkatan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Comparison of self directed learning readiness among students from different batches in Faculty of Medicine. Anatomica Medical Journal, 3(2), 119–127.

Soekidjo Notoatmodjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 258. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835

Susan B Bastable. (2002). Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Susanti, R., & Sri, N. (2020). Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Dengan Perilaku Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 160–166.

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th, 305–314.

Tarigan, F. A., & Elon, Y. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa UNAI dalam Penggunaan Masker yang Benar. Jurnal Gawat Darurat, 3(1), 43–52.

WHO (World Health Organizatin. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

Zuhana, Z., Pebriani, S. H., & Saputra, A. (2021). Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Keperawatan terhadap Protokol Kesehatan di Masa New Normal. Jurnal Kesehatan, 12(2), 188. https://doi.org/10.26630/jk.v12i2.2481


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id