MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN YANG PERNAH MENGGUNAKAN BPJS

Nuning Natasya, Muhammad Yusuf

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang memperlihatkan tingkatan baik buruknya suatu pelayanan kesehatan dalam memberikan kepuasan pada pasien. Semakin bagusnya pelayanan maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan pasien. Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit sangat mempengaruhi dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien, sehingga mutu pelayanan perlu diperbarui terus menerus agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai dengan yang pasien butuhkan terutama pada pasien BPJS. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi gambaran mutu pelayanan kesehatan pada pasien yang pernah menggunakan BPJS dan penelitian lebih berfokus pada dimensi mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif eksplortaif dengan desain penelitian cross sectional study. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan cara Snowball Sampling, 248 responden. Hasil penelitian menunjukan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum daerah Meuraxa Kota Banda Aceh berada pada kategori baik 145 responden (58,5%), dimensi tangibles dikategorikan cukup 118 responden (47,6%) dapat disimpulkan bahwa pada dimensi tangibles mutu pelayanan rumah sakit masih kurang, dimensi reability dikategorikan baik 157 responden (63,3%), dimensi responsiveness dikategori baik 127 responden (51,2%), dimensi assurance dikategorikan baik 146 responden (58,9%), dan dimensi emphaty dikategorikan baik 163 responden (65,7%). Diharapkan menjadi masukan bagi rumah sakit untuk memperbarui dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh terutama pada dimensi tangibles, menjadi referensi bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam pemberian pelayanan kesehatan, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi program BPJS kedepannya dan sebagai bahan perbandingan untuk rumah sakit lain dan profesi lain dalam memberikan pelayanan.


Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien diruangan poli umum puskesmas bukittinggi. Journal Endurance. 2(1), 45-52.

Azwar. (2006). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta; Pustaka Sinar Harapan

Bata, Y.W. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Lakipada Kabupaten Tana Toraja [Skripsi].Makassar: Universitas Hasanuddin. Available from: http://repository.unhas.ac.id

Depkes RI, 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta

Esti, F. S., Mindarsih, E., & Murni. (2017). Faktor-faktor mutu pelayanan kebidanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di Poli Kebidanan RSUD Wonosari. Kesehatan ibu dan anak. 11(2), 35-42.

Hazfiarini, A., & Ernawaty. (2016) Indeks Kepuasan Pasien BPJS KesehatanTerhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur Satisfaction. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 4(2), 77-85.

Kamil, H. (2012). Tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal. 3(1), 1-10.

Kemenkes RI. (2013). Buku Saku FAQ (Frequently Asked Question) BPJS Kesehatan. Jakarta; Kementrian Kesehatan RI.

Nursalam. (2011). Proses dan dokumentasi keperawatan, konsep dan praktek. Jakarta: Salemba Medika

Parasuraman, A., Zeithaml, Valerie, A., & Berry, L. (1998). SERVEQUAl: A Multiple-item Scale Measuring Costumer Perceptions of Sevixe Quality. Journal of Retailin. 64(1), 12-40.

Pertiwiwati, e., alfianur. (2018). Peran komite keperawatan terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Dunia Keperawatan. 6(1), 57 – 62.

Siswati, S. (2015). Kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS

di unit rawat inap RSUD Kota Makassar. Jurnal Mkmi. 11(3), 174-183.

Skar, L ., & Soderberg, S. (2018). Patients complaints regarding healthcare encounters and communication. Nursing Open. 5, 224-232. doi 10.1002/nop2.132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id