TINGKAT ADAPTASI MAHASISWA BARU TERHADAP PEMBELAJARAN AKADEMIK SECARA DARING

Loreni Loreni, Syarifah Rauzatul Jannah

Abstract


Adaptasi merupakan suatu kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru dalam mengikuti pembelajaran secara daring agar dapat menjalani perubahan sistem belajar  mengajar  dengan baik selama pandemi covid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran adaptasi mahasiswa baru terhadap pembelajaran akademik secara daring pada Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru Progam Studi Ilmu Keperawatan di Banda Aceh angkatan 2020 berjumlah 150 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan dua jenis kuesioner yang terdiri dari data demografi dan instrumen yang mengukur tingkat adaptasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa yang adaptasinya baik yaitu 73 responden (48,7%) dan yang maladaptif 77 responden (51,3%). Diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan adaptasi yang baik agar dapat menghadapi kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran akademik secara daring dengan baik demi tercapainya proses pembelajaran yang diinginkan.


Full Text:

PDF

References


Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Journal Homepage : http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/index

Fajriana,Yilizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMA Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prociding Seminar Nasional 2020 “ Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar”. 271-278

Furwasyih, D., Arifin. Y., & Femi. N. (2021). Identifikasi kecemasan mahasiswa kebidanan terhadap pembelajaran daring dalam masa pandemi COVID-19. Jurnal kebidanan harapan ibu pekalongan. Vol. 8 N0. 2

Furwasyih D, Melinda C. (2020). Perempuan (a literature review of women’s psychology through life cyle approach). 1 st ed. Bandung: Ellunar Publisher; 31-35 p

Habibi, H., & Jannah, N. (2017). Proses Adaptasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2 (2). 1-5

Hakiman. (2020). Pembelajaran Daring pada Mahasiswa

Hidayah. (2013). Perbedaan Kemampuan Empati Mahasiswa Keperawatan di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UGM. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: Vol. 2 No. 2 Juni.

Maulana, H, A., & Iswari, R, D. (2020). Analisis tingkat stres mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah statistik bisnis di pendidikan vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. XIV, No. 1

Mardiati, I., Hidayatullah, F. Aminoto, C. (2018). Faktor Eksternal Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan dalam Adaptasi Proses Pembelajaran. Urecol, 172-181.

Nasrudin, Azizah., & prihaninuk (2020). Dampak Isolasi Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Remaja : Aktifias, Emosional, Stres-Adaptasi dan Strategi Koping Remaja Selama Pandemi Covid 19 di Indonesia. Jurnal EDUNursing. Vol. 4, No.2

Pertiwi, G. H. & Sastrini, Y. E. (2021). Komparasi hasil belajar mahasiswa mengikuti kuliah secara daring mata kuliah k3 antara mahasiswa yang tinggal di Kota Samarinda dan luar Kota Samarinda tahun 2021. Jurnal keperawatan dirgahayu. Vol. 3. No.1

Rahmaniati & Bulkani. (2020). Perbedaan Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Daring. Anterior Jurnal, Vol. 20. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior

Sulata, M. A., Hakim, A. A. (2020). Gambaran perkuliahan daring mahasiswa Ilmu Keolahragaan UNESA di masa pandemi COVID-19. Jurnal kesehatan olahraga. Vol. 8 No. 3

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring, ISSN 2580-0922 (0nline) Diakses tanggal 22 Mei 2021

Tabroni, 2020. Trend Kuliah Daring di Tengah Wabah Virus Corona | Republika Online. (n.d.). Retrieved April 28, 2020, from https://republika.co.id/berita/q85myf469/tren d-kuliah-daring-di-tengah-wabah-virus- corona

WHO. (2020). Pertanyaan jawaban terkait COVID-19 untuk publik. (n.d.). Retrieved April 28, 2020, from https://www.who.int/indonesia/news/novel- coronavirus/qa-for-public

Wahyudianto, M. R., & Pahlevi, T. (2021). Analisis kendala pembelajaran daring mahasiswa program studi S1 Pendidikan administrasi perkantoran. Journal of office administration: Education and Practice. Vol. 1 Issue 2, 224-234

Yaqin, R. H. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Respon Adpatif Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 Pendekatan Teori Callista Roy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id