HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU NARSISME PENGGUNA INSTAGRAM PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Fhara Gustina, Aiyub Aiyub, Dara Ardhia

Abstract


Media sosial merupakan sebuah platform yang sangat digemari oleh masyarakat saat ini, salah satunya adalah instagram. Instagram digunakan sebagai wadah berbagi momen dalam bentuk foto atau video. Kebiasaan mengunggah foto atau video dalam aktivitas sehari-hari dapat memicu perilaku narsisme. Faktor yang dapat memicu perilaku narsisme adalah self-esteem yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-esteem dengan kecenderungan perilaku narsisme pengguna instagram pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Desain penelitian yang digunakan adalah descriptive correlative dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel 255 mahasiswa. Untuk melihat tingkat self-esteem menggunakan kuesioner Coopersmisth Self-Esteem Inventory (CSEI) dan untuk melihat tingkat narsisme menggunakan kuesioner Skala Kecenderungan Narsistik. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari dari tanggal 10 Agustus – 16 Agustus 2021 di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan persentase self-esteem tinggi yaitu 88,6%, sedangkan persentase narsisme rendah yaitu 90,2%. Hasil uji  chi square didapatkan P Value = 0,000 (P Value < 0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan self-esteem dengan kecenderungan perilaku narsisme pengguna instagram pada mahasiswa keperawatan Universitas Syiah Kuala. Diharapkan mahasiswa Fakultas Keperawatan lebih bijak dalam penggunaan  instagram. Jika hal ini dilakukan secara berlebihan dapat berdampak negatif pada diri individu

Full Text:

PDF

References


Apsari. (2012). Hubungan Antara Kecenderungan Narsisme Dengan Minat Membeli Kosmetik Merek Asing Pada Pria Metroseksual. Jurnal Talenta Psikologi, 1(2), 187-188.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2020). Laporan Survei Internet. Retrived Januari 10, 2021, from https://www.apjii.or.id/survei.

Aziz, N., & Hidayat, A. (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Bhakti, A, K., (2016). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Penggunaan Instagram Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Coopersmith, S. (1967). The Antecedent Of Self Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman and Company.

Dewi, C., G. & Ibrahim, Y. (2019). Hubungan Self-Esteem (Harga Diri) Dengan Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial Instagram Pada Siswa SMA. Jurnal Neo Konseling, 1 (2). Doi: 10.24036/0099kons2019.

Engkus., Hikmat., & Saminnurahmat. (2017). Perilaku Narsis Pada Media Sosial Dilakangan Remaja Dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20 (2). ISSN: 1410-8291.

Haikal, M. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Narsisme Pada Mahasiswa Pengguna Instagram Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi; Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Laeli, A. N., Sartika, E., Rahman, F. N., & fatchurrahmi, R. (2018). Hubungan Kontrol Diri Dan Harga Diri Terhadap Kecenderungan Narsistik Pada Mahasiswa Semester Awal Pengguna Instagram. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 23(1). 27-40. Doi: 10.20885/psikologika.vol23.iss1.art3.

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kemenkes.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Permatasari, R, A., (2018). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 5 (2).

Prihatiningsih, W., (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8 (1).

Rahmanita, U., Lestari, S., & Fitriani, A. (2014). Perbedaan Kecenderungan Narsistik Antara Laki-Laki Dan Perempuan Pengguna Jejaring Sosial Instagram. Jurnal psikologi sosial.

Stuart, G., & Sundeen, S. J. (2016). Prinsip Praktik Keperawatan Jiwa Stuart. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id