HUBUNGAN IMUNISASI DASAR DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK DI PUSKESMAS LAMPASEH BANDA ACEH

Silvia Fatma, Sri Intan Rahayuningsih, Nevi Hasrati Nizami

Abstract


Semua anak dibawah 12 bulan seharusnya mendapatkan imunisasi dasar. Imunisasi dasar lengkap terdiri dari Hepatitis B (HB), Bacillus Calmette-Guerin (BCG), Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus (DPT)-Hepatitis B (HB)-Haemophilus influenza tipe B (HiB), dan Campak. Pemberian imunisasi dasar akan membuat anak terhindar dari penyakit infeksi dan akan membuat proses tumbuh kembang anak menjadi baik. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal yang penting karena ini adalah upaya untuk mempertahankan keturunan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara imunisasi dasar dengan tumbuh dan kembang anak di puskesmas Lampaseh Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional study, dengan populasi 279 anak usia 12-24 bulan. Metode pengambilan sampel yaitu dengan teknik proporsional sampling sebanyak 73 responden. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan kuesioner dengan metode wawancara terpimpin. Metode analisa data dilakukan dengan uji korelasi chi square. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara imunisasi dengan pertumbuhan anak dengan nilai p-value >0,742. Untuk hasil imunisasi dan perkembangaan anak juga menunjukkan tidak ada hubungan dengan nilai p-value >0,661. Diharapkan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Lampaseh untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan imunisasi dasar kepada anak.

Full Text:

PDF

References


Budianita, E & Novriyanto. (2015). Klasifikasi status gizi balita berdasarkan indikator antropometri berat badan menurut umur menggunakan learning vector quantization. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 7.

Dinkes Banda Aceh. (2019). Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Dinas Kesehatan.

Dolang, M. W. (2018). Pemberian imunisasi dasar dan tumbuh kembang. Jurnal Ilmiah Keperawatan dan Kebidanan Holistic Care, 3(1).

Hanifah, L & Sari, A. N. (2021). Analisis kelengkapan imunisasi dasar terhadap status gizi balita. Journal of Health Research, 4(1).

Hikmah., Riyantini, Y & Wahyuni, Y. (2016). Hubungan kelengkapan imunisasi dasar dengan tumbuh kembang toddler di Posyandu Bunga Padi Kota Tangerang. Jurnal Komite Farmasi dan Terapi edisi 2.

Kemenkes RI. (2016). Profil kesehatan Indonesia tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Khairani, N & Effendi, S. U. (2020). Analisis kejadian stunting pada balita ditinjau dari status imunisasi dasar dan riwayat penyakit infeksi. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2).

Potter, P.A & Perry, A.G. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan. Jakarta: EGC.

Rahayu, S. (2019). Hubungan pemberian imunisasi dasar dengan perkembangan bayi 9 dan 12 bulan di Poskesdes Desa Rengas I Kec. Payaraman Kan. Ogan Ilir. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, 10(20).

Rahmi, E. S. (2017). Hubungan imunisasi dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi di Puskesmas Teupin Raya Kecamatan Glumpang tiga Kabupaten Pidie Tahun 2017. Tesis. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rayhana & Rizalvi, U. (2020). Hubungan pemberian ASI, MP-ASI, imunisasi dan riwayat penyakit terhadap pertumbuhan anak usia 24-36 bulan. Muhammadiyah Jounal Of Midwifery, 1(1).

Sihombing, E. S & Sitepu, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi anak usia sekolah 6-12 tahun korban erups gunung sinabung di perumahan huntara Desa Kuta Tengah Kabupaten Karo tahun 2019. Excellent Mindwifery Journal, 3(1).

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan anak dan permasalahannya dalam buku Ajar ilmu perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Sagung seto.

Sutomo, B & Anggraini, D. Y. (2010). Menu sehat alami untuk batita dan balita. Jakarta: Demedia.

Yuniarti. (2015). Asuhan tumbuh kembang bayi-balita dan anak pra-sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id