TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN MENGIKUTI PROSES PERKULIAHAN DENGAN SISTEM DARING SELAMA MASA WABAH COVID-19
Abstract
Dewasa ini, wabah Covid-19 sedang terjadi di Indonesia yang menyebabkan banyak kematian, sehingga masyarakat takut terhadap penyebaran virus corona di Indonesia. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid- 19 adalah dengan cara tidak berkumpul. Dengan demikian, pemerintah membuat kebijakan untuk aktivitas yang bersifat adanya keramaian, termasuk bidang pendidikan. Pemerintah menganjurkan agar pendidikan dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19, jadi proses pembelajaran masih bisa dijalankan. Berbagai macam keluhan dari mahasiswa muncul akibat pembelajaran daring seperti jaringan yang susah yang berakhir kepada stres. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat stres mahasiswa keperawatan mengikuti proses pembelajaran dengan sistem daring selama masa wabah Covid-19. Metode penelitian yang digunakan descriptive kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 106 responden dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner baku yaitu Depression Anxiety Stress Scales (DASS) yang disebar secara online berbentuk google form kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran tingkat stres mahasiswa keperawatan tertinggi berada di tingkat normal yaitu 50 responden (47.2%). Berdasarkan hasil tersebut direkomendasikan kepada pihak institusi pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan orang tua untuk lebih membimbing dan memantau anaknya saat proses pembelajaran daring.
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal keperawatan, 5(1), 40-47
Angelica, H. & Tambunan, E. H. (2021). Stres dan koping mahasiswa keperawatan selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1)
Bilfaqih, Y. & Qomarudi, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan stres akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan berdasarkan jenis kelamin difakultas kesehatan universitas thribhuwana tunggadewi malang.
Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., et al. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China.
https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/19/074723665/update-corona-dunia-19november-56-juta-orang terinfeksi-penelitian
https://ternate.tribunnews.com/2020/11/13/update-sebaran-virus-corona-indonesia-jumat-13112020-jateng-catatan-1362-kasusu-baru-dki-1033
https://regional.kompas.com/read/2020/11/19/17510091/update-covid-19-di-aceh-sumut-sumbar-riau-kepri-jambi-dan-bengkulu-19
https://data.unsyiah.ac.id/mahasiswa-aktif
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran kuliah online di era covid-19 dan dampaknya terhadap mental mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Teknologi pembelajaral, 1(2)
Mahase, E. (2020). China coronavirus: WHO declares international emergency as death toll exceeds 200. BMJ, doi: 10.1136/bmj.m408 ancet, 395, 497–506.
Meng, L., Hua, F., & Bian, Z. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): emerging and future challenges for Dental and Oral Medicine. Journal Of Dental Researc, 1-7
Pandini, I. C. (2021). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Unsyiah Mengikuti Proses Perkuliahan Dengan Sistem Daring Selama Masa Wabah Covid-19
Phelan, A. L., Katz, R., & Gostin, L. O. (2020). The novel coronavirus originating in Wuhan, China: challenges for global health. Jama, doi:10.1001/jama.2020.1097
Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P. A., & Hall, A. M. (2013). Fundamentals Of Nursing
Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., Andriani, I. (2021). Social media fatigue pada mahasiswa dimasa pandemic covid-19; peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 142-152
Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama program studi profesi dokter fakultas kedokteran universitas andalas angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1)
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report-56.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id