GAMBARAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK YANG MENGGUNAKAN GADGET
Abstract
Seiring perkembangan teknologi modern yang semakin canggih mengakibatkan penggunaan gadget semakin meningkat diberbagai kalangan usia khususnya anak usia prasekolah yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan sosial-emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan sosial-emosional anak yang menggunakan gadget pada usia pra-sekolah di TK Banda Aceh. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional study dengan jumlah populasi 139 anak. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 58 anak yang menggunakan gadget. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Ages & Stages Questionnaires : Social-Emotional (ASQ:SE-2) dengan nilai validitas 0,89 dan nilai reliabilitas 0,83. Pada penelitian ini menggunakan analisis data univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan sosial-emosional responden berada pada kategori normal 58.6% (34 responden), monitor 27.6% (16 responden) dan perlu rujukan ahli 13.8% (8 responden). Diharapkan kepada orang tua dan sekolah untuk dapat memantau perkembangan sosial-emosional anak dan mengontrol penggunaan gadget dari aspek durasi dan aktivitas penggunaan serta bekerjasama dengan pihak tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi kesehatan terkait tumbuh kembang anak khususnya perkembangan sosial-emosional pada anak usia prasekolah.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Anak Usia Dini. Diambil 15 Februari 2021, dari https://www.bps.go.id/publication/2020/12/16/61b15a0ae2c3f125fd89559a/profil-anak-usia-dini-2020.html
Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148-154.
Insiyah, & Sulistyowati, E., C. (2019). Parenting Psikoedukasi dalam Mendukung Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Pra Sekolah di Kota Surakarta. Jurnal Keperawatan Global, 4 (2), 74-120
Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksana Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Departemen Kesehatan RI
Rideout, V. (2013). Zero to Eight: Electronic Media in the Lives of Infants, Toddlers and Preschoolers. Common Sense Media Research Study.
Rukmana, I. N. (2017) . Hubungan Kecakapan Emosi Dengan Kemandiriaan Anak Prasekolah Di Mulyorejo Malang. Skripsi, Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Sakina, M., & Sukiatni, D. (2020). Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Pemberian Terapi Bermain Pada Usia Prasekolah. Jurnal Psikodidaktika, 5 (1), 65-72.
Salsabila, S. (2016). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di TK Al Azhar Banda Aceh. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.
Trinika, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382-392.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id