HUBUNGANSELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN MASA PANDEMI

Ocha Dwi Meilisa, Hasmila Sari, Laras Cyntia Kasih

Abstract


Prestasi akademik menjadi tolak ukur dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa. Namun disaat pandemi mahasiswa memiliki tantangan tersendiri untuk mencapai prestasi akademik yang memuaskan, sehingga dibutuhkan self regulated learning sebagai salah satu strategi yang dapat membantu mahasiswa agar mencapai prestasi akademik yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa hubungan antara self regulated learning dengan prestasi akademik masa pandemi pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlative dengan menggunakan desain cross sectional study. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 197 orang mahasiswa dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner online yaitu google formyang berisi data demografi, kuesioner Self Regulation Questionnaire (SRQ), indeks prestasi akademik (IPK). Berdasarkan hasil penelitian diperolehself regulated learning mahasiswa berada pada kategori tinggi (86.3%) dan prestasi akademik mahasiswa pada kategori sangat memuaskan (56.9%). Hasil dari uji statistik dengan menggunakan Spearman Rank (Rho) diperoleh hasil p-value = 0.002 dan α = 0.05, sehingga p-value (0.002) < α (0.05), yang berarti terdapat hubungan antara self regulated learning dengan prestasi akademik. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan kepada pihak pengelola akademik dapat mengembangkan sistem dan metode pembelajaran yang dapat mendukung kemampuan belajar dan meningkatan prestasi akademik dengan mempertimbangkan berbagai faktor khususnya dimasa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Andiani, S. (2017). Hubungan Prestasi Akademik dan Strategi Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Tunarungu. Caluptra: Jurnal Ilmia Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 478–494.

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Paedagoria:Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 195–201.

Asmi Rozali, Y., & Yashirly, E. (2020). Peran Self-Regulated Learning Dan Penyesuaian Akademik Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 9, 84–91.

Balapumi R. Factors and Relationships influencing Self-Regulated Learning among ICT students in Australian Universities. Curtin University November;2015.

Brown, M. & Lawendowski, L. (1999). The Self Regulation Questionnaire. Innovations in Clinical Practice. Florida: Professional Resource Press. 17,281-291.

Dewi, R. S., Lubis, M., & Wahidah, N. (2020). Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi. 167–170

Fokalie, C. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Kristen Petra Surabaya. Agora, 8.

Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382.

https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/553

Harahap, A. C. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid-19: Self Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2859(2), 197–203.

Jakešová, J., Gavora, P., Kalenda, J., & Vávrová, S. (2016). Czech Validation of the Self-regulation and Self-efficacy Questionnaires for Learning. Sciences Direct, 217, 313–321.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.092

Ladiqi, S. (2020). State Capacity and Public Trust in Handling the COVID-19 Outbreak in Malaysia. 257–274.

Pamungkas, H., & Prakoso, A. (2020). Self-Regulated Learning Bagi Mahasiswa : Pentingkah ? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 69–75.

Rahmi Daroini, D., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020). Analisis Faktor Regulasi Belajar Mandiri Terkait Efikasi Diri, Kesadaran Pengetahuan Metakognitif, Dan Pengalaman Pembelajaran Sebelumnya Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal, 9(1), 27. https://doi.org/10.33474/jki.v9i1.8865

Rozaini, N., & Panjaitan, P. E. Y. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 14. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17651

Sadikin, A., Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Simbolon, P., Mendrofa, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. 01(20), 1–7.

Tarumasely, Y. (2020). Regulated Learning dan Pengetahuan Awal. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 98–110.

Utami, S. S. A., Ramdani, H. C., & Khusaini. (2020). Pengaruh Gender, Status Bekerja, dan Self-Regulated Learning terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan, 1(1), 18–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id