HUBUNGAN FUNGSI AFEKTIF KELUARGA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA

Ula Sarita, Fithria Fithria, Husna Hidayati

Abstract


Perilaku bullying merupakan suatu tindakan yang dilakukan seseorang untuk menyakiti korban baik secara verbal, fisik maupun psikologis yang dapat beresiko menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam perilaku bullying adalah keluarga. Fungsi penting dalam menilai kebahagiaan keluarga adalah fungsi afektif keluarga yang terpenuhi dengan baik yang diwujudkan dengan sikap saling mengasuh, saling menghargai dan juga adanya ikatan dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsi afektif keluarga dengan perilaku bullying pada remaja. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas X dan kelas XI yang berjumlah 257 orang, penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Juni – 2 Juli 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 156 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik self report dan secara online melalui google form. Hasil penelitian menggunakan uji Pearson Chi-Square didapatkan bahwa ada hubungan fungsi afektif keluarga dengan perilaku bullying pada remaja (p-value = 0,001). Direkomendasikan kepada perawat puskesmas agar dapat bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membuat penyuluhan kesehatan antara perawat puskesmas dengan orang tua atau wali siswa mengenai cara peningkatan fungsi afektif keluarga dalam upaya pencegahan perilaku bullying pada remaja di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Dahlan, S. & Andriyanto, R. E. (2019). Analisis Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 2 Bandar lampung. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling). 7(1), 1-15

Andriani, N., Elita, V. & Rahmalia, S. (2018). Hubungan Bentuk Perilaku Bullying Dengan Tingkat Stress Pada Remaja Korban Bullying. Jurnal Online Mahasiswa,5(1), 426-435.

American Association of School Administrator.(2009). Bullying At School & Online, Quick Facts For Parents. New York : Education.com

Budiarto, E. (2002). Metodologi Penelitian Kedokteran: Sebuah Pengantar. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

CNN Indonesia. (2019, 5 Desember) 41 Persen Siswa di Indonesia Pernah Jadi Korban Bullying.

Dewi, N., Hasan, H., & Mahmud, Ar. (2016). Perilaku Bullying Yang Terjadi Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar Fkip Unsyiah, 1(2), 37-45.

Fatmawati. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal RISALAH. 27(2), 17-31.

Friedman, M. (2010) Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori Dan Praktek. Edisi 5. Jakarta : EGC

Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Anak. Ners : Jurnal Keperawatan, 15(1), 60-66.

Hurlock, E. B. (2000) Psikologi perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Hymel, S. & Swearer, S.M. (2015). Four Decades of Research on School Bullying : An Introduction. American Psychologist, 7(4), 293-299

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). 2020. Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak Di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Bandung : KPAI

Maryam, S. & Fatmawati (2018) Kematangan Emosi Remaja Pelaku Bullying. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 69-74

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., Haditono, S.R. (2002) Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Pratiwi , P. & Sari, H. (2017). Perilaku Bullying Pada Sekolah Asrama Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa,2(3), 1-7.

Riantiarno, Susanti, Y., & Iqomh, M.K.B. (2020). Hubungan Fungsi Afektif Keluarga Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Permas, 10(4), 625-632.

Utami, S. & Rinaldi (2020) Hubungan Fungsi Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Siswa di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Rist Psikologi, 1, 1-10

Windarwati, H. D., Olivia, S., Hidayah, R., & Nova, R. (2019) Fungsi Afektif Keluarga Berhubungan Dengan Perilaku Bullying. Konas Jiwa XVI Lampung,4(1), 287-290.

Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id