PENGETAHUAN IBU TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK ANAK TODDLER

Amelia Putri, Halimuddin Halimuddin, Anda Kamal

Abstract


Kejadian tersedak memerlukan perhatian khusus karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen bahkan kematian jika tidak cepat ditangani. Tersedak kebanyakan terjadi pada usia tiga tahun ke bawah karena sifatnya yang mengeksplorasi benda dengan menggunakan mulut. Saat anak tersedak diperlukan penanganan yang cepat dan tepat dari orang terdekat khusunya ibu yang lebih sering bersama dengan anaknya. Tujuan penelitian: mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama tersedak pada anak toddler. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian 93 ibu yang memiliki anak toddler di Kecamatan Kuta Alam. Teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Alat ukur yang digunakan angket. Hasil penelitian tingkat pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama tersedak anak toddler (47,3%) berada pada tingkat pengetahuan sedang, (29,0%) tingkat pengetahuan tinggi serta (23,7%) rendah. Rekomendasi: pemberian intervensi, peyuluhan atau pelatihan mengenai pertolongan pertama tersedak kepada ibu di Kecamatan Kuta Alam untuk meningkatkan pengetahuan dari yang sedang serta rendah menjadi tinggi.


Full Text:

PDF

References


Child Safety Link. (2019). Preventing serious injuries in children and youth in Atlantic Canada: A guide for decision makers. Child Safety Link, IWK Health Centre. Halifax, NS

American Academy of Pediatrcs. (2010). Prevention of Choking Among Children. Pediatrics, 125 (3), 601-607. DOI: 10.1542/peds.2009-2862

Badan Pusat Statitik Kota Banda Aceh. (2020). Statistik Daerah Kota Banda Aceh

Dwi, S., Prihatiningsih, & Asnindari, L. N. (2015). Pengaruh Edukasi Keluarga tentang Pencegahan dan Penanganan Tersedak pada Anak terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Keluarga Dusun Ngebel RT 09 Tamantirto Kasihan Bantul. STIKES'Aisyiyah Yogyakarta.

Kurniasih, N. & Komariah, N. (2016). Peta Pencarian Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja Kota Bandung Berdasarkan Jenis Kelamin, Latar Belakang Pendidikan, Status Sosial dan Ekonomi. In Prosiding Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan 2015 251-265 (Lembaga Penelitiaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penerbitan (LP3) Fikom UNPAD.

Muntaza, Y. & Adi, A.C. (2020). Hubungan Sumber informasi dengan tingkat pengalaman dengan tingkat penggunaan MSG pada ibu rumah tangga. Amerta Nutrision, 72-78. DOI:10.2473/amnt.v4i1.2020.72-78

Novitasari. (2016). Pengaruh Tentang Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Anak Tersedak Benda Asing Pada Balita Terhadap Selfefficacy di Posyandu Desa Pelem Magetan. Jurnal Ilmiah Maternal, 2(1).

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Siahaan, E. R. (2019). Hubungan Pengetahuan Heimlich Manuver Pada Ibu Dengan Keterampilan Penanganan Anak Toddler yang Mengalami Chocking. Jurnal Skolastik Keperawatan, 5(2), 165-176.

Sulistyaningsih, R. (2012). Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Cara Menyusui yang Benar di Dusun Lemahbang Plosokerep Karangmalang, Kabupaten Sragen. Karya Tulis Ilmiah.

Suparno, Paul. (2016). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius. Diakses pada 13 Agustus 2021

Suyami. (2012). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Pertolongan Pertama pada Luka Bakar.

Wijaya, I. S. (2016). Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar pada Masyarakat di Kecamatan Denpasar Utara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id