TINGKAT KECEMASAN PASIEN TRIAGE KUNING DAN HIJAU DI INSTALASI GAWAT DARURAT

Indi Meilia, Halimuddin Halimuddin, Aklima Aklima

Abstract


Kondisi gawat darurat sering menimbulkan kecemasan pada pasien ketika berada di Instalasi Gawat Darurat sehingga dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien. Oleh karena itu, pentingnya asuhan keperawatan yang dapat mengurangi tingkat kecemasan pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada pasien triage kuning dan hijau di ruang Instalasi Gawat Darurat. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Meuraxa Banda Aceh mulai dari tanggal 29 Juni sampai dengan 26 Juli 2021, dan didapatkan sampel berjumlah 60 pasien yang diperoleh dengan cara accidental sampling. Kriteria pasien mampu berkomunikasi dengan baik, dan pasien rawatan maksimal 24 jam di IGD. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Ranting Scale (HARS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien triage kuning mengalami cemas sedang (73,2%), pasien triage hijau mengalami cemas ringan (78,9%). Rekomendasi dari penelitian ini dibutuhkan pengkajian aspek psikososial pada pasien yang sedang menjalani rawatan triage kuning dan hijau di Instalasi Gawat Darurat. Karena respon kecemasan seperti vasokontriksi dan meningkatnya pacu jantung dapat mengancam peningkatan kebutuhan oksigen miokard.


Full Text:

PDF

References


Amri. A., Manjas. M., Hardisman. (2019). Analisis Implementasi Triage, Ketepatan Diagnosa Awal Dengan Lama Waktu Rawatan Pasien di RSUD Prof. DR. MA Hanafiah SM Batusangkar. e-jurnal Jurnal Kesehatan Andalas. Volume 8(3): 1-8.

Budiaji, W. (2016). Hubungan Pengetahuan Tentang Triase Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Label Kuning di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit dr. Moewardi surakarta. Jurnal Keperawatan Gawat Darurat. Volume 3(2): 1-7.

Depkes RI (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementrian Keseshatan Darurat (IGD) Rumah Sakit. Jakarta : Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Ekwall, A. (2010). Acuity and anxxiety from the patient’s Perspective in the Emergency departmen. November 2013, Volume 39, Issue 6, pages 534-538.

Furwanti. E. (2014). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Penembahan Senopati Bantul. Skripsi, p. 1-6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan.

Haris. A., & Halimuddin. (2017). Kecemasan Keluarga Pada Pasien Yang Terpasang Ventilasi Mekanik Di Ruang Intensive Care. Jurnal Keperawatan Gawat Darurat. Volume 3(2): 1-8.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Pelayanan Kegawatdarurat 2018. Jakarta.

Lestari, T (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Lutfa, U., & Maliya, A. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Pasien Dalam Tindakan Kemoterapi di Rumah Sakit dr. Moewadi Surakarta. Cited 4 Juli 2017.

Mariyam., & Arif, K. (2008). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Terkait Hospitalisasi Anak Usia Toddler Dr. BRSD RAA Soewonso Pati. Volume 3(2): 1-8.

Margaretta. C. T. (2019). Gambaran Waktu Tanggap Perawat Dengan Penanganan Kegawat Daruratan Pasien Di Igd Rsud Dr.Pirngadi Medan. e-jurnal Kegawat daruratan, Waktu tanggap. Volume 2(2): 1-8. Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Medan.

Mahyawati. (2014). Hubungan kegawatdaruratan pasien terhadap waktu tanggap perawat di IGD IGD RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Mayasari, Windatania. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Berperan pada Kecemasan Ibu Hamil Prmigravida Trimester III di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Paradigma Sehat. Volume 5(2): 1-6.

Nurlaili. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. e-jurnal keperawatan. Volume 2(3): 1-6.

Nurlina, D., Rifai, A., & Jamaluddin. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit TNI AD Tk IV. Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Volume 8(3): 78-88.

Suyani. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 8(2): 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id