PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH

muhajirin muhajirin, teuku tahlil

Abstract


Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan tentang resiko gangguan pernapasan sangat penting diketahui oleh pekerja mebel untuk merubah sikap dan perilaku sehari-hari dalam bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan pekerja mebel kayu tentang resiko gangguan pernapasan diwilayah Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian berjumlah 133 orang dengan jumlah sampel 57 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 29 Juli – 1 Agustus 2016 dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pekerja mebel kayu diwilayah Kota Banda Aceh sebagian besar berada pada kategori kurang (54,4%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada puskesmas dan dinas kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan terkait gangguan pernapasan dan pentingnya alat pelindung diri, serta disarankan kepada pemerintah dan dinas tenaga kerja agar dapat memfasilitasi alat pelindung diri untuk meningkatkan keselamatan pekerja mebel kayu di wilayah Kota Banda Aceh.


Full Text:

PDF

References


Berry, C. (2010). A Guide toccupational Exposure to Wood,Wood Dust and Combustible Dust Hazards. N.C. North California: Department of LaborOccupational Safety and Health Division.

Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khumaidah. (2009). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan gangguan fungsi paru pada Pekerja Mabel kayu PT Kota Jati Furnindo Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Tesis. Semarang : Magister Pasca Sarjana UNDIP.

Kunaryo, H. (1996). Pengantar Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Press.

Rizani. A, Hakimi. M & Ismail. D. (2009). Hubungan pengetahuan, Sikap dan Prilaku Ibu dalam Pemberian Imunisasi Hepatitis B 0-7 Hari di Kota Banjarmasin: Berita Kedokteran Masyarakat

Suma’mur (2009). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: CV. Agung Seto.

Sylvia, A., & Lorraine, M (2005). Patofisiologi: Konsep Klinis Proses–Proses Penyakit paru, E/6, Vol.2. Jakarta: EGC.

WHO. (1997). IARC Monographs on the Evaluation of Carcinogenic Risks to Humans. Wood Dust and Formaldehyde.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id