NILAI ESENSIAL KEPERAWATAN PROFESIONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

cut faizah munira, hajjul kamil

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta tingkat pendidikan masyarakat yang
semakin tinggi, merupakan tantangan bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Penerapan nilai esensial keperawatan profesional harus berorientasi pada kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif corelatif dengan desain cross sectional study, jumlah populasi 9.020 orang, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 99 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 22 pernyataan tentang nilai esensial keperawatan professional dan 44 item pernyataan kepuasan yang menggunakan The SERVQUAL test dalam bentuk skala likert. Data dianalisa secara univariat dan bivariat meggunakan Chi-square. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan antara nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien (P-value 0,000) yang meliputi perhatian (altruisme) (P-value 0,002), persamaan (equality) (P-value 0,001), kebebasan (freedom) (P-value 0,000), keindahan (aesthetics) (P-value 0,019), martabat manusia (human dignity) (P- value 0,022), keadilan (Justice) (P-value 0,015) dan kebenaran (truth) (P-value 0,003) di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Agar pasien semakin puas dalam menerima pelayanan keperawatan, disarankan agar dapat meningkatkan penerapan nilai esensial keperawatan professional menjadi lebih baik, khususnya; nilai keindahan (aesthetics), martabat manusia (human dignity), keadilan (Justice).


Full Text:

PDF

References


Desimawati, D. W. (2013). Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Mulyana, S. (2015). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien rawat jalan di poliklinik bedah Rumah Sakit Daerah dr. Zainoel Abidin. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Nurnainah. (2015). Hubungan Kompetensi Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rsud Labuang Baji Makassar. Tesis. Makassar : Universitas Hasanuddin

Potter , P.A & Perry, A.G . (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik, edisi 4 Volume 1. Jakarta: EGC.

Prasuraman, A., Zeithmal, V.A., & Berry, L.L. (1998). SERVQUAL : A multiple item scale for measuring customer perception of service quality. Journal of Retailing; Vol. 64 :12-35.

Purwaningrum, I. A,. (2012). Analisa kepuasan pasien rawat inap terhadap kinerja rumah sakit belitung Timur dengan metode SERVQUAL. Program Pasca Sarjana. Pangkal Pinang: Universitas Terbuka

Simamora, Bilson. (2003). Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta : PT. Gramdia Pustaka Utama.

Supardi,S., Handayani. R. S., & Notosiswoyo, M. (2004). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan dan rawat inap di puskesmas. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Supriyanto & Ernawaty. (2010). Pemasaran industri jasa kesehatan. Yogyakarta: Andi of set.

Widjono, A. (2005). Studi tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Tesis. Medan : Universitas Sumatra Utara yang diunduh pada tanggal 25 November 2015 dari http://eprints.ums.ac.id.

Wike, D. (2009). http/www.KTI/Proposal-kti- dengan-judul-gambaran-tingkat- kepuasan. Pdf.html.diakses pada tanggal 12 juli 2016

Wira, I.A.D. (2014). Hubungan antara persepsi mutu pelayanan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Tesis. Denpasar : Universitas Udayana diunduh pada tanggal 13 Maret 2016 dari ojs.unud.ac.id/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id