STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR MURID MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI ACEH BESAR
Abstract
Anak sebagai generasi penerus perlu diperhatikan kecukupan gizinya, sebagai salah satu fungsi terpenting dalam
pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan diperlukan untuk melaksanakan
pembanguan nasional. Kecukupan gizi sangat mempengaruhi kecerdasan dan prestasi belajar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui perbandingan status gizi dan prestasi belajar pada murid sekolah MIN Montasik
dan SDN Blang Bintang Aceh Besar. Desain penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengambilan
sampel secara proportional stratified random sampling.. Uji analisis yang digunakan adalah Mann Whitney U
Test. Jumlah populasi sebesar 339 anak dengan 85 anak sebagai sample penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara status gizi dan prestasi belajar murid di MIN dan SD, pada
murid MIN didapatkan hasil murid dengan status gizi berada pada kategori gizi normal 60,4%. sedangkan pada
murid SDN didapatkan status gizi normal yaitu 64,9%. Diharapkan bagi pihak sekolah memperhatikan &
mendukung status gizi siswa melalui sarana Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan senantiasa memasukkan
informasi-informasi gizi dalam mata pelajaran jasmani dan kesehatan dalam upaya mempertahankan status gizi
murid.
Full Text:
PDFReferences
Karsin, E.S. 2004. Peranan Pangan Dan Gizi
Dalam Pembangunan. Jakarta: Penebar
Swadaya.
Almatsier, S. (2005). Prinsip dasar ilmu gizi.
Jakarta: PT coramedia Pustaka utama.
Florence, C. A. (1995). Monografi triwulanan
program penelitian pendidikan.
Fhilipina: Pusat studi integrativ dan
pengembangan, universitas fhilipina.
Isdaryanti, C. (2007). Kaitan energi protein,
status gizi dan prestasi belajar anak.
Yogjakarta: Universitas Gajahmada.
Jelliffe, D. B & Jelliffe, E. F. P. (1999)
Community nutritional assessment. New
York: Oxford University Press.
Jhan, L.M. (2007) JM Murphy journal of
Nutrition Lancer.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/PM
C3737458/Diakses tanggal 17 Juli
Moehji, S. (2003). Ilmu gizi 2 penanggulangan
gizi buruk. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Rausch, R. (2013). Nutrition and academic
performance in school-age children The
relation to obesity and food
insufficiency. Journal Nutrition and
Food Sciences 3: Volume 3.
Sari, P. N. (2010). Hubungan Status Gizi
Dengan Tingkat Kecerdasan. Surakarta:
Universitas 11 Maret.
Sediaotama, A. D. (1996). Ilmu gizi jilid 1.
Jakarta: Dian Rakyat.
Siroyudin. (2011). Pentingnya Perhatian
terhadap Gizi Pada Anak-
anak.http://siroychery.blogspot.com/2
/pentingnya-perhatian-terhadap-
gizi-pada.html. Diakses tanggal 17 Juli
Soekirman. (2000). Ilmu Gizi dan Aplikasinya
untuk Keluarga dan Masyarakat.
WHO. (2015). Levels and trends in child
malnutrition. UNICEF-WHO-The World
Bank joint child malnutrition
estimates.Retrieved from
www.who.int/nutgrowthdb/estimates.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id