STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Rahmatur Raudha, Teuku Tahlil

Abstract


Sistem pembelajaran sering kali membuat mahasiswa keperawatan mengeluh akibat tugas dan jadwal perkuliahan yang begitu padat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat stres dan strategi koping pada mahasiswa Keperawatan di sebuah Universitas di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program Reguler dengan sampel sebanyak 81 mahasiswa yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 21-28 Juni 2016, menggunakan instrumen kuisioner Perceived Stress Scale (PSS) dan kuesioner modifikasi dari Ways of Coping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 84,0 % responden mengalami stres sedang, 12,3 % mengalami stres berat, dan 3,7 % mengalami stres ringan. Strategi koping yang paling dominan digunakan responden adalah strategi koping yang berfokus pada emosi (61,7%) dan sedikit yang berfokus pada masalah (38,3%). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi mahasiswa untuk tetap memperhatikan tingkat stres yang dialami dan mampu menggunakan strategi koping secara tepat sesuai dengan apa yang dirasakan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Australia Psychological Society. (2012). Understanding and managing stress. Diakses 14 Juli 2016, dari https://www.psychology.org.au

Briliani, L., Sriati, A & Anna, A. (2012). Gambaran strategi koping mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas padjadjaran A 2008 saat menjalani comprehensive clinical skill analysis.(1)1. Diakses pada 28 Juni 2016, dari http://jurnal. unpad.ac.id/ejournal/article/view/671/717

Budiarto, E. (2002). Biostatistikal untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC.

Cristyanti, D., Mustami’ah, D & Sulistiani, W. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. (12)03

Davison, C.G., Neale, M.J., & Kring, M.A. (2012). Psikologi abnormal Ed.9. Jakarta: PT Raja Grafindo

Dayfiventy, Y., Nurhidayah, R.E. (2012). Stressor dan koping mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi fakultas keperawatan universitas sumatera utara. Diakses pada 13 April 2016, dari http://download.portal garuda.org/article.php?article=59045&val=4132

Gintulangi,I.,& Prihastuti. (2014). Hubungan persepsi mahasiswa terhadap harapan orang tua dalam penyelesaian studi S1 dengan tingkat stres pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 03(03).

Hasan, I. (2010). Analisa data penelitian dengan statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jimenez, C.J et al. (2013). Koping and health in novice and experienced nursing students during clinical practice. Journal of Nursing Education and Practice, 3(11).

Kumar,R., & Nancy. (2011). Stress and koping strategies among nursing students. Nursing and Midwifery Research Journal,7.

Labrague, Leodoro Jabien. (2013). Stress, stressors, and stress responses of student nurses in a government nursing school. Published by Department of Nursing, Technological Educational Institute of Athens, 7.

Lazarus,R.S.,& Folkman,S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York:Press.

Lazarus, R.S. (1993). Coping theory and research: past, present and future. Diakses 13 Juli 2016, dari http://www.emotionalcompetency. com/papers/coping%20 research.pdf

Notoatmodjo,S. (2003). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo,S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Olpin,M., Hesson,M. (2009). Stress management for life: a research-based experiental approach. 2th edition. USA: Wadsworth Cengage Learning.

Perry, Potter. (2005) . Buku ajar fundamental keperawatan. Vol.2. Jakarta : EGC.

Psychology Foundation of Australia. (2010). Depression anxiety stress scale. Diakses 28 Juni 2016, dari http://www2.psy.unsw.edu.au/groups/dass

Purwati, S. (2012). Stres akademik pada mahasiswa reguler angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta. (diakses tanggal 26 Oktober 2015)

Rahmahidayani, R. (2012). Gambaran stres dan strategi koping mahasiswa program reguler 2009 FIK UI saat melaksanakan praktik klinik pkd II. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rasmun. (2004). Stres, koping, adaptasi. Jakarta: Sagung Seta.

Sharma, N., & Kaur, A. (2011). Fakctor associated with stress among nursing students. Nursing and Midwifery Research Journal,7(1)

Sreeramareddy, C.T. (2007). Psychological morbidity, sources of stress and coping strategies among undergraduate Medical Students of Nepal, BioMedCentral Medical Education. Diakses 26 Juli 2016, dari http://www. biomed central.com

Stanhope, Marcia. (2010). Praktik keperawatan kesehatan komunitas. Jakarta: EGC.

Stuart & Laraia. (2005). Principle and practice of psychiatric nursing. 8th Edition. Missouri: Elsevier Mosby

Suliswati. (2005). Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta :EGC.

Zyga, S. (2013). Stress in nursing students. International Journal of Caring Scienses. 6(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id