FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Reza Syarwanda, Hajjul Kamil

Abstract


Motivasi belajar merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya cita-cita atau aspirasi, kemampuan, kondisi mahasiswa, kondisi lingkungan belajar, unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran, serta upaya pengajar dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif; deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, penyajian data meliputi; distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian didapatkan tingkat motivasi belajar mahasiswa berada pada ketegori tinggi sebanyak 64 orang (73.6%). Cita-cita atau aspirasi pada kategori tinggi 56 (64.4%). Kemampuan mahasiswa pada kategori tinggi 54 (62.1%). Kondisi mahasiswa pada kategori baik 70 (80.5%). Kondisi lingkungan belajar pada kategori menyenangkan 82 (94.3%). Unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran pada kategori tinggi 60 (69%). Dan upaya pengajar dalam pembelajaran pada kategori tinggi 78 (89.7%). Berdasarkan hasil tersebut direkomendasikan kepada pihak institusi pendidikan untuk melakukan penguatan terhadap faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa selama proses pendidikan keperawatan dalam upaya meningkatkan keberhasilan mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djudin, T. (2018). Analisis prestasi akademik dan lama studi mahasiswa lulusan jurusan pmipa fkip untan ditinjau dari jalur masuk dan program kuliah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 9(2), 79–88. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25867

Ermiza. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa semester vi di Program Studi DIII Kebidanan STIKes Fort De Kock Bukittinggi. Jurnal Maternity and Neonatal, 2(3), 184–191. Retrieved from http://e-journal.upp.ac.id/index.php/akbd/article/view/1385

Noor, J. (2013). Penelitian manajemen (1st ed.). Jakarta: Kencana Media Group.

Purba, E. S. (2012). Gambaran motivasi belajar mahasiswa s1 reguler dan eksekutif angkatan 2011 fakultas ilmu-ilmu kesehatan program keperawatan universitas esa unggul. Universitas Indonesia.

Ramdhan, M. Y., & Harsono, L. D. (2015). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Telkom University Program Pendidikan Jarak Jauh tahun akademik 2013 / 2014 (studi kasus pada Program Pasca Sarjana). E-Proceeding Of Management, 2(1), 156–161. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/100279/jurnal_eproc/pengaruh-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-mahasiswa-telkom-university-program-pendidikan-jarak-jauh-tahun-akademik-2013-2013-studi-kasus-pada-program-pasca-sarjana-.pdf

Sekretariat Jenderal MPR RI. (2013). Undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945. Jakarta: Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia.

Suwarni, E. (2012). Hubungan gaya mengajar dosen dalam proses pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(4), 246–256. Retrieved from https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/download/79/74

Uno, H. B. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI No.12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

Williams, K. C., & Williams, C. C. (2011). Five Key Ingredients for Improving Student Motivation. Research in Higher Education Journal, 1–23. Retrieved from https://scholarsarchive.library.albany.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1000&context=math_fac_scholar

Yuliawan, A. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswa. Profesi, 14(1), 15–24. Retrieved from https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/132

Yuniarti, R. D. (2014). Pengaruh sikap dan gender terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa smp negeri kelas vii di kecamatan Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/20691/1/Rohmah Dwi Yuniarti 09201244082.pdf

Yusuf, M. (2013). Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh 2013. Idea Nursing Journal, 4(3), 124–131. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1509


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id