PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 12-15 TAHUN

nasrita fitri, Teuku Tahlil

Abstract


Pendidikan seks di Indonesia tidak dapat maksimal karena mengalami hambatan seperti masalah komunikasi antara orangtua dan anak. Topik seks masih dianggap tabu, budaya komunikasi di Indonesia adalah diam dan sangat implisit, sehingga terjadi kesulitan berkomunikasi. Peran Ibu dalam keluarga dipandang sangat penting untuk memberikan edukasi terhadap anak remajanya terkait pendidikan seks. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran ibu dalam pendidikan seks pada anak usia 12-15 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Ibu yang mempunyai anak usia 12-15 tahun di Gampong Panteriek Lueng Bata Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dengan wawancara terpimpin menggunakan metode analisis univariat.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Ibu berada pada kategori kurang baik (52.0%). Berdasarkan hasil penelitian ini, Ibu belum mempunyai peran formal dan informal yang baik dalam pendidikan seks pada anak usia 12-15 tahun di Gampong Panteriek Lueng Bata Banda Aceh. Perawat komunitas diharapkan dapat memberikan informasi kepada ibu akan pentingnya peran ibu dalam pendidikan seks pada anak usia 12-15 tahun.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, A (2015). Perilaku Ibu dalam memberikan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Ambarwati, R. (2013). Perilaku Ibu dalam penerapan Pendidikan Seksualitas pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan : Jawa Tengah.

Amaliyah, S & Nuqul, L.F. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Jurnal Ilmiah Psikologi : UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2010). Statistik Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga: Riset, Teori dan Praktik. Jakarta: EGC.

Juliani, P. K & Kundre, R & Bataha, Y. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Remaja tentang Perilaku Seksual Pranikah Pada Siswi Kelas X Di SMAN 1 Manado. Vol 2 No 2. Jurnal Kesehatan : Universitas Sam Ratulangi Manado

Hurlock, B. E. (2011). Psikologi perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Meilani, N & Shaluhiyah, Z & Suroputro, A. (2014). Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Remaja Awal. Vol 8 No 8. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional : Universitas Diponegoro.

Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id