MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH

putri rahayu, said usman

Abstract


Mutu pelayanan keperawatan adalah sikap professional perawat yang memberikan perasaan nyaman terlindungi pada diri setiap pasien (melalui lima dimensi mutu) yang sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan kompensasi sebagai pemberi pelayanan dan diharapkan menimbulkan perasaan puas pada diri pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Banda Aceh Tahun 2018. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Banda Aceh pada tanggal 23 November sampai dengan 31 Desember 2018. Jenis penelitian ini adalah survey analitik yaitu metode penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi.  Dengan desain cross sectional study. Jumlah populasi sebanyak 286 orang. teknik pengumpulan sampel purposive sampling,  dengan jumlah sampel 76 responden. Hasil penelitian tentang gambaran mutu pelayanan keperawatan secara umum kualitas pelayanan yang ditinjau dari lima dimensi SERVQUAL diruang rawat inap Rumah Sakit Umum daerah Banda Aceh, dimana 4 dimensi menghasilkan Gap Score Negative secara berurutan yaitu; dimensi empati (-0,3), jaminan (-0,3), kehandalan (-0,2) dan daya tanggap (-0,1), sedangkan pada dimensi bukti fisik menghasilkan nilai Gap Score (0) artinya bukti fisik dapat memenuhi harapan responden. Dengan nilai mutu pelayanan menghasilkan Gap Score Negative yaitu -0,2. Untuk meningkatkan kepuasan pasien maka yang harus dilakukan adalah meningkat keterampilan atau keahlian, pengetahuan, sikap dan perilaku perawat.


Full Text:

PDF

References


Arifin, A. (2011). Analisa Mutu Pelayanan Kesehatan ditinjau dari aspek input rumah sakit di instalasi rawat inap RSU Haji Makassar. Jurnal MKMI, vol. 7. No. 1 April. Hal 141-149.

Azura, A. (2014). Perbandingan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang mamplam 1 dan 2 dengan poli klinik penyakit dalam RSUDZA Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh. FK Unsyiah.

Gufran, A. (2007). Strategi terkini peningkatan mutu pelayanan kesehatan: konsep dan implementasi, pusat pengembangan system pembiayaan dan manajemen asuransi/jaminan kesehatan. Fakultas kedokteran Gajah Mada.

Herkunto. (2009). Wahai dokter Indonesia, berkomunikasilah. Majalah kedokteran Indonesia, 59 (2). 35-38.

Kamil. H. (2010). Tingkat kepuasan pasien terhadaap mutu pelayanan kesehatan di RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Jurnal. Vol. III, No 1. ISSN: 2087-2879.

Khamida. (2015). Kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperwatan berpengahur terhadap kepuasan pasien rawat inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 8. No 2. 154-161

Nursalam. (2014). Manajemen keperawatan: aplikasi dalam praktik keperawatan professional. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Putra, A. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan dimensi mutu pelayanan keperawatan di instalasi anak RSU dr. M. Djamil padang. Tesis. Universitas Andalas.

Rattu, P. (2015). Perbedaan kualitas pelayanan keperawatan terhadap pasien penerima bantuan iuaran dan pasien bukan penerima bantuan iuaran di rsup kandau manado. E-journal keperawatan. Volume 3.

Siska, S. (2015). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan diruang rawat inap kelas III rumah sakit umum daerah meuraxa banda aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Simamora, R. H. (2016). Hubungan mutu pelayanana keperawatan dengan tingkat kepuasam pasien rawat inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli. Jurnal Ners Indonesia. Vol 6. No 1, September 2016.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen jasa. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id