FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN DIARE PADA BALITA

Multazam Multazam, Asniar Asniar

Abstract


Diare merupakan gejala yang ditandai dengan frekuensi defekasi yang lebih dari 3 kali/hari disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair) dengan atau tanpa darah dan lendir. Perilaku ibu berperan penting untuk mengambil tindakan pencegahan diare. Tujuan penelitian ini adalah untuk perlu diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam melakukan pencegahan diare pada balita dengan pendekatan Health Promotion Model di Wilayah Kerja Puskesmas Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden yang dipilih dengan teknik purposive proportional sampling. Pengumpulan data diolah dengan menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan Chi Square Test. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa perilaku ibu-ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Kuta Cot Glie dalam pencegahan diare pada balita berada pada kategori kurang baik. Hasil penelitian juga memperlihatkan adanya hubungan antara faktor manfaat perilaku yang dipersepsikan ibu (p-value = 0.009), faktor hambatan perilaku yang dipersepsikan ibu (p-value = 0.000), faktor kemampuan diri yang dipersepsikan ibu (p-value = 0.000), faktor sikap yang dipersepsikan ibu (p-value = 0.007) dengan perilaku ibu dalam melakukan pencegahan diare pada balita. Untuk itu, direkomendasikan kepada pihak Puskesmas Kuta Cot Glie dan Dinas Kesehatan Aceh Besar agar lebih dapat meningkatkan promosi kesehatan tentang pencegahan dan penanganan diare kepada masyarakat dengan memperhatikan fakor-faktor tersebut sehingga angka kejadian diare pada balita dapat menurun.


Full Text:

PDF

References


Ansari, M., Ibrahim, M., & Shankar, R. (2012). Mothers Knowledge, Attitude and Practice Regarding Diarrhea and its Management in Morang Nepal: An Interventional Study. Tropical Journal of Pharmaceutical Research, XI(5), 847-854.

Asniar. (2013). Pengembangan Sikap ”Caring” Pada Anak Usia Sekolah Sebagai Upaya Promosi Kesehatan. Idea Nursing Journal, I(1). Diakses dari https://doi.org/2087-2879.

Fakhrina, Y., S. (2017). Hubungan Behavior-Specific Cognitions and Affect dalam Penggunaan Alat Perlindungan Diri dengan Masalah Kesehatan dan Kecelakaan Kerja pada Petugas Kebersihan di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Iswari, Y. (2012). Analisis Faktor-Faktor Resiko Kejadian Diare pada Anak Usia Dibawah 2 Tahun di RSUD Kota Jakarta. Jakarta: Universitas Indonesia.

Masdiana, Tahlil, T, & Imran. (2016). Persepsi, Sikap & Perilaku dalam Merawat Balita dengan Diare. Jurnal Ilmu Keperawatan, IV(1), 101-112.

Mauliku, E.N & Wulansari, E. (2014). Hubungan Antara Faktor Perilaku Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Puskesmas Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 melalui http://stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/files/2009/200912/200912-005.pdf

Noorkasihani. (2014). Sosiologi Keperawatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Purnamasari, Hani, & Santoso. (2011). Pengaruh Suplementasi Seng dan Probiotik Terhadap Kejadian Diare Berulang. Jurnal Seri Pediatrik, 13(2).

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kesehatan Kementerian RI Tahun 2013.

Rospita, & Tahlil, T. (2017). Upaya Pencegahan Diare Pada Keluarga Dengan Balita Berdasarkan Pendekatan Planned Behavior Theory. Banda Aceh: Magister Keperawatan, Program Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala.

Subagyo, B., Santoso, N.B. (2011). Diare Akut Dikutip dalam Mohammad Juffrie. Buku Ajar Gastroenterologi-Hepatologi Jilid I. Jakarta : UKK Gastroenterologi-Hepatologi IDAI

Sukardi, Yusran, S., & Tina, L. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare pada Balita Umur 6-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Poasia Tahun 2016. Jurnal FKM Universitas Halu Oleo, III(X), 1-12.

Sukut, S., Arif, Y., & Qur’aniati, N. (2014). Faktor Kejadian Diare pada Balita dengan Pendekatan Teori Nola J. Pender di IGD RSUD Ruteng. Journal Pediomaternal, V(2), 230-249.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id