DASAR PERTIMBANGAN KEHALALAN, THAYYIBAN, DAN EKONOMI KONSUMEN DAGING AYAM DARI BEBERAPA PASAR DI KABUPATEN GAYO LUES

Rifqi Hazmi Arlem, Teuku Reza Ferasyi, Ismail Ismail, Fakhrurrazi - Fakhrurrazi, Abdullah Hamzah, Mustafa Sabri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dasar pertimbangan keyakinan konsumen terhadap kehalalan dan thayyiban, serta menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi dengan alasan konsumen ketika memutuskan untuk membeli daging ayam di beberapa pasar dalam Kabupaten Gayo Lues. Penelitian dilaksanakan di Pasar Baru, Pasar Durin, dan Pasar Centong. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan survei lapangan melalui wawancara responden menggunakan kuesioner terstruktur. Responden dipilih secara acak yaitu konsumen yang membeli daging ayam di tiga pasar tersebut. Kriteria responden adalah konsumen yang beragama Islam, berusia ≥ 20 tahun dan membeli daging ayam di lokasi penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian telah diwawancarai sejumlah 117 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen (> 88%) menyatakan bahwa daging ayam yang dijual diyakini memenuhi standar kehalalan. Mayoritas konsumen menyebutkan bahwa keyakinan mereka atas dasar mengenal penyembelih dan beragama Islam (57,26%). Sebagian besar konsumen (> 80%) menyatakan keyakinan terhadap status thayyiban (aman, sehat dan utuh) dari daging ayam yang dijual di ketiga pasar tersebut. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa status kehalalan dan thayyiban dari daging ayam sangat penting bagi konsumen di Gayo Lues. Namun demikian keyakinan mereka lebih bersifat mengenal penyembelih atau penjual.

Kata Kunci: Kehalalan, Thayyiban, Daging Ayam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21157/jim%20vet..v3i2.10742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ILMIAH MAHASISWA VETERINER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.