Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Rakyat Aceh dalam Meningkatkan Oplah
Abstract
Penelitian ini berjudul "Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Rakyat Aceh dalam Meningkatkan Oplah". Fokus penelitian ini menitik beratkan pada analisis strategi komunikasi pemasaran untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam Harian Rakyat Aceh. Terdapat juga di dalamnya, kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Berdasar pada tujuan dan fokus penelitian, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dimana masalah yang diselidiki akan dipecahkan dengan menggambarkan, menuliskan, memaparkan subjek atau ojek penelitian berdasarkan fakta yang tampak dan tidak mengurangi sebagaimana adanya. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara pada dan observasi pada enam orang karyawan di Harian Rakyat Aceh yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan, Harian Rakyat Aceh menargetkan pembaca baru dari kalangan komunitas dan anak muda. Hal ini dilakukan melihat media pesaing tidak menggunakan strategi yang sama. Mengenai pelanggan, Harian Rakyat Aceh sedang menunggu waktu yang tepat untuk muncul lebih kuat di permukaan. Karena saat ini, Harian Rakyat Aceh sedang dalam pengembangan ke arah yang lebih maju, termasuk di dalamnya dalam hal penambahan saluran distribusi dan peningkatan kualitas produk.
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Massa, Harian Rakyat Aceh, Oplah.
Communication Strategy of Harian Rakyat Aceh Marketing in Increasing the Circulation
This research entitled "Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Rakyat Aceh dalam Meningkatkan Oplah". The focus of this research is on analysis of marketing communication strategy used in Harian Rakyat Aceh. Including obstacles encountered in executing marketing communication strategy. Based on the purpose and focus of research, the method used in this study using descriptive approach. Where the problem under investigation will be solved by describing, writing down, exposing the subject or object of research on the basis of apparent facts and not reducing as is. Data and information were obtained through interviews and observations of six employees of Harian Rakyat Aceh who were selected using purposive sampling techniques. The results show Harian Rakyat Aceh targeting new readers from the community and young people. This is done looking at competitor media not using the same strategy. Regarding customers, Harian Rakyat Aceh is waiting for the right time to appear stronger on the surface. For now, Harian Rakyat Aceh is in development in a more advanced direction, including in terms of adding distribution channels and improving product quality.
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Massa, Harian Rakyat Aceh, Oplah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia