PERAN PROMOTION PRODUCT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KEANGGOTAAN BARU TUPPERWARE DI BANDA ACEH (Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Product Tupperware)

Rino Reno Hendra

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Peran Promotion Product Dalam Meningkatkan Jumlah Keanggotaan Baru Tupperware di Banda Aceh (Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Product Tupperware)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi perusahaan Tupperware di kota Banda Aceh dalam menciptakan daya tarik untuk menarik perhatian anggota baru untuk bergabung dalam memasarkan Tupperware. Pendekatan yang dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif yang bertujuan membuat deskriptif secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta, populasi dan objek tertentu. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA. Subjek dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berkecimpung di bisnis Tupperware dan orang-orang yang memahami secara jelas tentang perusahaan Tupperware. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dari jabatan yang ditepati oleh karyawan perusahaan Tupperware. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa strategi yang dilakukan oleh perusahaan Tupperware masih menggunakan strategi jasa sales dalam mempromosikan produk, dan mengandalkan bonus-bonus kejutan yang diberikan oleh perusahaan Tupperware sehingga menarik masyarakat untuk ikut gabung berbisnis Tupperware. Cara itu mungkin sudah cukup efektif untuk mencapai target atau sasaran yang dituju, tetapi akan lebih efektif jika dibaringi promosi melalui media massa seperti Instagram dan lainya mungkn akan lebih efektif.

.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Tupperware di Kota Banda Aceh

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                    

 

 

 

 

ABSTRACT

 

ABSTRACT   The research is titled "The Role of Promotion Product in Increasing the Number of New Tupperware Membership in Banda Aceh (Analysis of Marketing Strategy of Product Marketing Tupperware)". This study aims to find out the promotion strategy of Tupperware company in Banda Aceh city in creating attraction to attract new members to join Tupperware market. The approach in this study is a qualitative approach that explains the deep phenomenon. The type of research used is descriptive research type that aims to make descriptive in a systematic, factual, and accurate about facts, populations and specific objects. This research uses AIDDA theory. Subjects in this study are people who are engaged in the Tupperware business and people who understand clearly about the company Tupperware. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. The informant was selected from a position held at the Tupperware company. The result of this research is that the strategy done by Tupperware company still use the sales service strategy in promoting the product, and relying on the surprise bonuses given by the Tupperware company so as to attract people to join Tupperware business. It may be effective enough to reach the intended target or target, but it will be more effective if the promotion of mass media such as Instagram and others will be more effective.

 

Kata Kunci : Strategy of Product Marketing, Tupperware Membership in Banda Aceh.

 


Keywords


komunikasi pemasaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia