Strategi Komunikasi KIP Banda Aceh pada Pilkada 2017 dalam Mensosialisasikan Anti Golput melalui Media Massa
Abstract
ABSTRAK - Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi KIP Banda Aceh pada Pilkada 2017 dalam Mensosialisasikan Anti Golput melalui Media Massa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dijalankan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh pada Pilkada serentak 2017 dalam meminimalisir atau menekan suara golput melalui media massa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Subjek informan dalam penelitian mengambil teknik purposif sampling, yang berjumlah empat informan bagian dari KIP Banda Aceh.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pemasaran Sosial (Social Marketing) dimana sering juga disebut dengan kampanye sosial karena dalam pelaksanannya menggunakan strategi kampanye dalam mengkampanyekan produk sosial untuk mengatasi masalah sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat strategi yang disampaikan KIP Banda Aceh dalam Pilkada 2017 terhadap kesadaran masyarakat pemilih, yakni adalah mengenal khalayak, kemudian penyusunan pesan, menetapkan metode, dan penggunaan media. Saran dari penelitian ini adalah KIP Banda Aceh harus lebih gencar dalam mensosialisikan pilkada mendatang agar sesuai dengan target pemilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, yaitu 75 %.
Kata Kunci: Komunikasi Massa, Pemasaran Sosial KIP Banda Aceh.
Communication Strategy Implemented by KIP of Banda Aceh in Socializing Anti-Abstain through Mass Media in 2017 Local Leader Election.
ABSTRACT - This research entitled Communication Strategy Implemented by KIP of Banda Aceh in Socializing Anti-Abstain through Mass Media in 2017 Local Leader Election. The aim of this study is to know the communication strategy implemented by Independent Commision of the Election of Banda Aceh on simultaneous regional elections in 2017 in order to minimize or suppress the ballot of abstain through mass media. A descriptive qualitative was used as the method in this study. The data was obtained by interviewing, observing and documenting. To select the sample, the writer use purposive sampling technique, which consists of four informants from the KIP Banda Aceh. In conducting this research, the writer use social marketing theory which is also known as social campaign, the implementation of this theory is using social product in order to resolve social issues as its campaign strategy. The results showed that there are four strategies that is delivered by KIP of Banda Aceh in order to minimize the number of abstains or increase society participations in 2017 local leader election, namely know the audiences, compose messages, set the methods, and media usage. The writer suggests Independent Commision of the Election of Banda Aceh to be more intense in socializing the upcoming local election to meet the voters’ target which is set by Indonesian General Election Commission, namely 75%.
Key Words: Mass Communication, Social Marketing, KIP of Banda Aceh.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia