STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN ( Penelitian Terhadap Pemilik Toko Emas Mulia Indah Di Kota Takengon )

Ayub Sami, Amsal Amri

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Emas Mulia
Indah Dalam Menarik Minat Konsumen di Takengon. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan Toko Emas Mulia Indah selama ini dalam menarik minat
konsumen di Takengon. Metode yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan
konsep strategi komunikasi pemasaran dan teori AIDDA. Subjek dalam
penelitian ini adalah empat orang informan dua orang konsumen Toko
Emas Mulia Indah yang dianggap relevan. Teknik pengumpulan data,
yaitu pengumpulan data secara langsung dengan melakukan observasi
dan wawancara secara mendalam kepada narasumber guna mendapatkan
data yang sebenarnya dan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan Toko Emas Mulia Indah dalam menarik minat konsumen
adalah strategi bauran pemasaran dengan bentuk promosi iklan, personal
selling. Strategi ini sudah baik mengingat produk emas yang dijual sudah
dikenal masyarakat dari kegiatan pemasaran yang dilakukan Toko Emas
Mulia Indah. Akan tetapi diharapkan Toko Emas Mulia Indah juga
menggunakan media siar seperti radio,media internet dan siaran televisi
lokal di Aceh untuk mempromosikan produknya yang dilakukan secara
aktif.

 

ABSTRACT
This research entitled Marketing Communication Strategy of Mulia Indah Gold
Store Marketing In Attracting Consumer Interest in Takengon. The purpose of this research was to find out the marketing communication strategy used by Mulia Indah gold store so far in attracting consumers in takengon. The approach used in the study was descriptive qualitative method. This research used the concept of marketing communication strategy and AIDDA theory. The subjects in this study were four informants and two consumers of Mulia Indah Gold Store Which were considered relevant to the study. Data collection techniques used were observation and in depth interview to the informant to obtain the actual data and in accordance with the purpose of research Mulia Indah gold store in attracting consumer interest was marketing mix strategy by using advertising promotion form and personal selling. This strategy is good considering the gold products they sell are already known by the public from marketing activities conducted by Mulia Indah Gold Store. However, it is expected that Mulia Indah Gold Store also uses broadcast media such as radio and local television broadcasting in Aceh to promote their products and promotion in internet media that is done actively. However, it is expected that Mulia Indah Gold Store also uses broadcast media such as radio, internet media and local television broadcasting in Aceh to actively promote their products.


Keywords


Startegi Komunikasi Pemasaran, Minat Beli konsumen. Marketing Communication Strategy, Consumers Buying interest.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia