Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pengumpulan Zakat Oleh Baitul MAl Aceh
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Politik Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada Masa Kampanye Pilkada 2017 di Kota Banda Aceh. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada masa Pilkada 2017 tingkat Walikota dan Wakil Walikota di Banda Aceh bisa menang dengan menggunakan strategi komunikasi politik yang tepat, menyampaikan isu dan permasalahan selama masa kampanye serta pembentukan relawan yang mendukung pasangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi politik yang diterapkan oleh pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin serta tim pemenangannya hingga mengantarkan pasangan tersebut meraih kemenangan dengan perolehan hasil sebanyak 66.79% suara dibandinkan dengan lawan pasangannya. Teori yang digunakan adalah Teori Political Marketing model Lees-Marshment, dimana dalam penggunaannya pemasaran politik tidak jauh berbeda dengan konsep pemasaran secara komersial dengan digerakan oleh empat elemen utama yaitu Product, Place, Price, dan Promotion. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Subjek informan dalam penelitian mengambil teknik purposif. Berdasarkan hasil pengolahan data secara interaktif, terdapat beberapa peranan yang dilakukan oleh tim pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin selama masa kampanye, seperti strategi kampanye dilakukan dengan tiga cara yaitu kampanye face-to-face, kampanye dengan menggunakan sosial media, dan kampanye terbuka (kampanye akbar). Penelitian ini menunjukan bahwa proses kampanye yang berjalan sesuai dengan penerapan teori Political Marketing, dimana peran pendekatan serta strategi kampanye yang dilakukan berhasil mempresuasi pemikiran masyarakat Kota Banda Aceh untuk memilih pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin.
Kata Kunci: Komunikasi Politik, Pemasaran Politik, Strategi, Teori Political Marketing, Pilkada
ABSTRACT
This research titled Political Comunication Strategy Aminullah Usman and Zainal Arifin Used on 2017 Election Campaign Period at Banda Aceh City. The issues raised from this research is how Aminullah Usman and Zainal Arifin won the 2017 mayor elections at Banda Aceh by using the right political communication strategy, conveying the issues and problems during the campaign as well as the formation of volunteers who support the pair. The purpose of this research is to detemined how Aminullah Usman and Zainal Arifin and his team applied the political communication and achieved victory with the result of 66.79% of votes compared with the opposing candidates. Theory used in this research is the theory of Lees-Marshment’s Political Marketing, where political marketing is not much different from the concept of commercial marketing moved by Product, Place, Price, and Promotion as the four main element. The research method used is descriptive qualitative method with descriptive research type. The data collections in this research collected from structured interviews and documentation studies. The subject of the informant in the research took the purposive technique. Based on the results of interactive data processing, there’re several roles performed by the winning team Aminullah Usman and Zainal Arifin during the campaign period, the campaign strategy carried out in three ways: face-to-face campaigns, campaigns using social media, and open campaign (grand campaign). This research shows that the campaign process is in accordance with the application of Political Marketing theory, where the approach and the campaign strategy successfully persuade the people’s thought in Banda Aceh City to choose Aminullah Usman and Zainal Arifin.
Keyword: Political Comunication, Political Marketing, Strategy, Political Marketing Theory, Election
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia