PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masyarakat selaku pengguna jasa pelayanan kesehatan memiliki permasalahan pada saat berobat seperti kurangnya informasi public mengenai durasi pelayanan, biaya, dan transparansi pelayanan. Sehingga kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuta Alam memiliki pengaruh terhadap respon masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran secara kuantitatif pandangan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Kuta Alam. Kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas dinilai menggunakan teori Berry & Zeithaml. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dijawab sebanyak 70 responden. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa dari setiap dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari beberapa indikator, 70 responden rata-rata menjawab pada skor puas, temuan ini menggambarkan bahwa Puskesmas Kuta Alam sudah memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas terhadap masyarakat sesuai dengan standar kualitas pelayanan yang wajib diberikan. Implikasi dari penelitian ini yaitu semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat maka akan semakin tinggi respon positif masyarakat terhadap pelayanan yang dirasakan. Kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Kuta Alam sudah tergolong baik dengan memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat. Pelayanan kesehatan yang berkualitas akan memberikan pandangan yang positif terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuta Alam.
Kata Kunci : Analisa Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Puskesmas Kuta Alam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia