STRATEGI DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN ACEH BESAR DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DESA LUBUK SUKON DAN DESA NUSA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH

Muhammad Agil

Abstract


ABSTRAK

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Aceh Besar adalah badan yang memiliki wewenang untuk mengelola, membangun, dan mengembangkan sektor pariwisata. Namun telah terjadi kurangnya peminiat pada obyek desa wisata Nusa dan Lubuk Sukon.  sehingga. Oleh karena itu DISPARPORA harus mempunyai strategi kerja sama dengan desa untuk mengembangkan sektor desa wisata Nusa dan Lubuk Sukon. Tujuan penelitian ini menjelaskan strategi dan hambatan DISPARPORA dalam mengembangkan pendapatan asli daerah. Penelitian ini menggunakan teori strategi menurut KOOTEN dengan 3 indikator yaitu corporate strategy, Program strategy dan resource support strategy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan  teknik  pengumpulan  data  melalui  observasi,  wawancara,  dan dokumentasi sehingga menghasilkan data deskriptif. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa strategi DISPARPORA pertama adalah melakukan kerja sama  dengan berbagai dinas  seperti  Dinas  syariat  islam  dan  Dinas  perdaganggan,  namun  dalam pelaksanaannya DISPARPORA belum optimal dalam mengupayakan kerja sama dengan berbagai Dinas. Kedua adalah promosi via online melalui media sosial berupa instagram Desa Nusa dan Website milik DISPARPORA. Namun dalam pelaksanaannya promosi yang dilakukan oleh DISPARPORA tidak berjalan dengan optimal. Ketiga adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa wisata, namun faktanya sumber daya manusia DISPARPORA belum mampu untuk menciptakan program-program inovatif terkait dengan pengembangan pariwisata.Dalam melaksanakan strategi tersebut DISPARPORA menghadapi beberapa hambatan yaitu terkait anggaran, SDM yang kurang inovatif, sarana dan prasarana, Diharapkan kepada DISPARPORA agar DISPARPORA dapat membantu pendanaan tidak hanya dari segi pembinaan saja tapi juga berupa dana untuk pembangunan infrastruktur.guna menigkatkan wisatawan dan memperindah  desa  wisata  seperti  memperbaiki  jalan  dan  penerangan  jalan  di  desa wisata Nusa dan Lubuk Sukon.

  Kata Kunci : Strategi, DISPARPORA, Desa Wisata, Pendapatan Asli Daerah

ABSTRACT

 

 

 

 

 

FISIP

 

Department of Tourism, Youth and Sports (DISPARPORA) Aceh Besar is a body that has the authority to manage, build and develop the tourism sector. However, there has been a lack of interest in the tourist villages of Nusa and Lubuk Sukon. so that. Therefore (DISPARPORA) must have a strategy for collaborating with villages to develop the tourist village sector of Nusa and Lubuk Sukon. The aim of this research is to explain the strategies and obstacles DISPARPORA in developing local original income. This research uses strategy theory according to KOOTEN with 3 indicators, namely corporate strategy, program strategy and resource support strategy. This type of research is qualitative research using data collection techniques through observation, interviews and documentation to produce descriptive data. The results of the research found that the first DISPARPORA strategy was to collaborate with various agencies such as the Islamic Sharia Service and the Trade Service, but in its implementation DISPARPORA was not optimal in seeking cooperation with various agencies. The second is online promotion via social media in the form of the Nusa Village Instagram and the website owned by DISPARPORA. However, in its implementation the promotion carried out by DISPARPORA did not run optimally. The third is to improve the quality of human resources in tourist villages, but in fact human resources DISPARPORA have not been able to create innovative programs related to tourism development. In implementing this strategy DISPARPORA faces several obstacles, namely related to budget, human resources who are less innovative , facilities and infrastructure, it is hoped that DISPARPORA can help with funding not only in terms of development but also in the form of funds for infrastructure development in order to increase tourists and beautify tourist villages such as repairing roads and street lighting in the tourist villages of Nusa and Lubuk Sukon

 

 

 

Keywords : Strategy, DISPARPORA, tourist village, Locally Generated Revenue

 




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia