Motivasi dan Pola Interaksi Pengguna Role Play Twitter Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Iin Parlina, Alamsyah Taher

Abstract


Abstrak, Penelitian ini berjudul “Motivasi dan pola interaksi pengguna role play twitter pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi informan dalam menggunakan role play di jejaring social twitter dan mengetahui pola interaksi yang terbentuk pada pengguna Role play di jejaring sosial twitter. Twitter telah menjadi salah satu situs yang paling sering dikunjungi di internet. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan atau uses and gratification theory, teori ini memfokuskan perhatian pada audiens sebagai konsumen media massa, dan bukan pada pesan yang disampaikan. Metode penelitian menggunakan pendekatanp enelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Ala tpengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara semi-terstruktur dan juga studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalaht eknik snowball atau bola salju. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapatkan berdasarkan wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentas imaka dapat dilihat bahwa motivasi pengguna role play twitter adalah sebagai pengalihan dari rutinitas sehari-hari serta sebagai wadah untuk meluapkan segala bentuk kreatifitas, emosional dan pengalihan diri yang tidak dapat diekspresikan di dunia nyata, selain itu mahasiswa/i lebih nyaman menggunakanrole play twitter, dibandingkan memerankan orang lain menggunakan identitas asli. Hubungan personal antara sesama pemain role play di twitter lebih mudah berinteraksi karena sesama pengguna role play lebih paham dalam membahas seputar kehidupan artis idolanya. Dalam hal pengawasan, menggunakan media sosial khususnya role play di twitter memudahkan penggunanya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena tidak semua pengguna role play memiliki motif yang sama dalam menggunakan akun tersebut. Mengenai pola interaksi, pola yang digunakan adalah atas dasar keinginan sendiri ataupun ajakan dari kerabat maupun lingkungan sekitar untuk membuat akun role play dan membentuk masyarakat maya di dunia role play.


Motivation and Role Play Interaction Pattern of User on Twitter at Syiah Kuala University Student


Abstract,

This study entitled "Motivation and Role Play Interaction Pattern of User on twitter at Syiah Kuala University students". The aim of this study is to determine the motivation of informants in using role play in the social networking twitter and to determine the interaction patterns formed on the role play on twitter. Twitter has become one of the most visited sites on the internet. The theory used in this research is the theory of use and satisfaction or uses and gratification theory. This theory focuses the attention on the audience as consumers of mass media, not on the messages delivered. The research method used in this study is descriptive qualitative. The Data collection tools used in this study are semi-structured interview and documentation study. The informant selection technique used is the snowball technique. Based on the results of the data obtained by semi-structured interview and documentation study, it can be seen that the motivation of the role play pattern from the twitter users is as a diversion from the daily routine and as an avenue to vent any form of creativity, emotional and diversion of self that cannot be expressed in real world. In addition, the students are more convenient to use role play twitter, compared to portray someone else using  their original identities. Personal relationships between fellow players on role play twitter are more easily  as fellow users better understand the role play about the life of the their idols. In terms of supervision, using social media, especially the role play in twitter allows users to achieve something they desire. This is because not all role play users have the same motive in using the account. Regarding the interaction patterns, patterns are given on the basis of their own desires or solicitation of relatives and the environment to create a role play account and form a virtual community.



Keywords


Motivasi; motivation; role play; pola interaksi; interaction patterns

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia