Peningkatan Elektabilitas Calon Walikota Melalui Iklan Politik (Suatu kasus Penggunaan dan Pendanaan Iklan Politik Oleh Calon Walikota Banda Aceh 2017);Promoting Electability of Mayor Candidates Through Political Advertising (A Case Study of the and the Funding of Political Advertising By Banda Aceh Mayor Candidates in 2017)
Abstract
ABSTRAK
Elektabilitas merupakan aset yang harus dimiliki oleh setiap pasangan calon kepala derah dan wakil kepala daerah pada setiap pemilihan.Penggunaan media massa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan iklan politik kepada pemilih agar memperoleh elektabilitas yang tinggi pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kota Banda Aceh tahun 2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan iklan politik dapat meningkatkan elektabilitas pasangan nomor urut 2 (dua) H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM dan Drs. H. Zainal Arifin sebagai calon walikota Banda Aceh periode 2017-2022 dan mengetahui besaran dana yang dikeluarkan kandidat tersebut terhadap penggunaan dan pendanaan iklan politik yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan dua cara yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari lapangan melalui wawancara langsung dengan informan sedangkan data sekunder di peroleh dari penelitian kepustakaan yaitu dengan membaca buku teks, jurnal, dan bahan-bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan dengan penelitian ini.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan Elektabilitas Calon Walikota Melalui Iklan Politik (Studi Kasus Penggunaan dan Pendanaan Iklan Politik Oleh Calon Walikota Banda Aceh 2017), penggunaan iklan politik dapat meningkatkan elektabilitas pasangan nomor urut 2 (dua) H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM dan Drs. H. Zainal Arifin sebagai calon walikota Banda Aceh 2017-2022, media massa dijadikan alat untuk menyampaikan iklan politik kepada pemilih, visi misi, dan program kerja dijadikan sebagai pesan untuk meyakinkan pemilih serta penggunaan dan pendanaan iklan politik yang dilakukan pasangan nomor urut 2 (dua) H. Aminullah Usman, SE, Ak., MM dan Drs. H. Zainal Arifin sudah berjalan dengan baik dan adanya fasilitas dari KIP Kota Banda Aceh dibiayai APBD.Simpulan penelitian ini adalah iklan politik yang dilakukan oleh pasangan nomor urut 2 (dua) H. Aminullah Usman, SE, Ak., MM dan Drs. H. Zainal Arifin diberbagai media massa kurang memperhatikan aspek pendidikan politik bagi masyarakat Kota Banda Aceh.
Kata Kunci :Elektabilitas, Iklan Politik, Pendanaan
ABSTRACT
Elektabilitas is an asset that should be owned by every pair of candidates derah head and deputy regional head at every election. The mass media serve as a tool for political advertising to convey voters to obtain electability high on the regional head and deputy regional head in Banda Aceh in 2017.The purpose of this study was to see whether political advertising can increase electability pair number two (2) H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM and Drs. H. Zainal Arifin as a candidate for mayor of Banda Aceh period 2017-2022 and to determine the amount of funds spent on the use of these candidates and financing undertaken political advertising.This study used a qualitative method with descriptive approach, data collection obtained in two ways: primary data and secondary data. Primary data is data obtained from the field through direct interviews with informants and secondary data obtained from the research literature by reading textbooks, journals, and other reading materials related to this research. The results showed that the Increase Electability Candidates for Mayor Through Political Advertising (Case Study of Use and Funding of Political Ads By Candidate Mayor Banda Aceh 2017), the use of political advertising can increase electability pair number two (2) H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM and Drs. H. Zainal Arifin, the mass media as a tool to convey political advertising to voters, vision, mission end programs serve as a message to reassure voters and the use and funding of political ads that do pair number two (2) H. Aminullah Usman, SE, Ak. , MM and Drs. H. Zainal Arifin already well underway and the facility of Banda Aceh KIP is financed.The conclusions of this study is political advertising carried out by the pair number 2 (two) H. Aminullah Usman SE, Ak., MM and Drs. H. Zainal Arifin various mass media pay less attention to aspects of political education for the people of Banda Aceh.
Keywords: Electability, Political Advertising, Funding.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia