Dampak Ketergantungan Menonton Drama Korea Terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala

Herpina Herpina, Amsal Amri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Dampak Ketergantungan Menonton Drama Korea Terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak ketergantungan drama Korea terhadap perilaku Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti berusaha untuk mendeskripsikan bagaimana dampak ketergantungan menonton drama Korea terhadap perilaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala yang berjumlah sebanyak 7 orang. Penelitian ini menggunakan teori Pembelajaran Sosial (social cognitive theory). Teori Pembelajaran Sosial (social cognitive theory) mengasumsikan bahwa proses mengamati dan meniru perilaku dan sikap orang lain sebagai model merupakan proses belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala yang suka menonton drama Korea ternyata memiliki dampak terhadap perilaku. Hal ini dikarenakan rasa ketertarikannya yang cukup besar terhadap tayangan tersebut. Rasa ketertarikan ini bisa dilihat dari durasi menonton, perhatian, dan rela meninggalkan aktifitas lainnya hanya untuk menonton drama Korea. Perilaku yang ditiru dari tayangan drama Korea tersebut ialah dari cara mahasiswa berbicara dan berpakaian walaupun tidak sepenuhnya mereka ikuti. Selain itu mahasiswa juga mengaku tertarik untuk membeli barang-barang atau item-itemKorea, seperti Case hp, tas, sepatu dan aksesoris.

ABSTRACT

This study entitled "The Impact of Addiction in Watching Korea Drama on the Behavior of Students majoring Communication Studies at Syiah Kuala University ". The purpose of this study is to find out the impact of Korean Drama on the students Communication Studies behaviors’ in University of Syiah Kuala. This study used a qualitative method with descriptive approach to describe how the impact of watching addiction on Korean Drama to students’ behavior. The respondents in this study are seven students majoring Communication Studies at University of Syiah Kuala. This study used the theory of Social Learning (social cognitive theory). Social Learning Theory (social cognitive theory) assumes that the process of observing and imitating the behavior and attitudes of others as a model of a learning process. The results on this study indicated that students of Communication Studies at Syiah Kuala University who liked to watch Korean Dramas is proved to have an impact on their behavior. This is because the sense of interest substantially to that impression. A taste of this interest can be seen from the duration of the watch, caring and willing to leave other activities just to watch Korean dramas. The behavior impacts from Korean Dramas on students are the way they speak and dress. In addition, students also claimed to be interested to buy goods or items from Korea, such as Phone Case, bags, shoes and accessories.


Keywords


Ketergantungan menonton, drama Korea, Perilaku Mahasiswa;the addiction of watching, korean drama, students’ behavior

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia