Strategi Komunikasi Edi Fadhil melalui Facebook dalam meningkatkan Rasa Solidaritas Masyarakat (Studi pada Gerakan Sosial ("Cet Langet Rumoh")
Abstract
1. Abstrak :
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Edi Fadhil Melalui Facebook Dalam Meningkatkan Rasa Solidaritas Masyarakat (Studi Pada Gerakan Sosial Cet Langet Rumoh)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Edi Fadhil terhadap gerakan sosial “Cet Langet Rumoh” dalam meningkatkan rasa solidaritas masyarakatserta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam sosialisasi gerakan “Cet Langet Rumoh” melalui media facebook.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dalam penelitian ini yaitu strategi komunikasi Edi Fadhil melalui Facebook dalam meningkatkan rasa solidaritas masyarakat dan subjek dalam penelitian ini adalah Edi Fadhil dan pengikut atau teman akun Edi Fadhil pada media Facebook yang berpartisipasi dalam gerakan sosial “Cet Langet Rumoh”. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara mendalam pada Edi Fadhil dan dua orang informan lainnya, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan Edi Fadhil melalui facebook dalam meningkatkan rasa solidaritas masyarakat antara lain dengan mengenal khalayak sasaran yaitu seluruh lapisan masyarakat, menyusun pesan yaitu dengan menentukan tema, materi, gaya bahasa, sistematika pesan, dan teknik komunikasi, menetapkan metode penyampaian pesan, dan seleksi penggunaan media yaitu facebook. Faktor yang mendukung sosialisasi ini adalah karena adanya fitur share pada facebook dan hambatan yang dihadapi Edi Fadhil adalah pertemanan di facebook yang hanya mencapai lima ribu akun sehingga publikasi mengenai gerakan Cet Langet Rumoh menjadi terbatas.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Edi Fadhil, Gerakan Cet Langet Rumoh.
2. Judul Bahasa Inggris : “Edi Fadhil’s communication strategy to raise citizen solidarity through Facebook (a study on social movement of Cet Langet Rumoh”)
3. Abstract :
This study entitled “Edi Fadhil’s communication strategy to raise citizen solidarity through Facebook (a study on social movement of Cet Langet Rumoh”). The study aimed to find out how Edi Fadhil’s communication strategy raised citizen solidarity as well as factors supporting and obstructing the social movement of Cet Langet Rumoh through Facebook. The theory used in this study was AIDDA theory. The researcher used qualitative method with descriptive approach. The object of the study was Edi Fadhil’s communication strategy in raising citizen solidarity through Facebook while the subjects were Edi Fadhil and followers or friends on Edi Fadhil’s Facebook who participated in social movement of Cet Langet Rumoh. The researcher collected the data through in-depth interview on Edi Fadhil and two other informants, observation, and documentation techniques. The result showed that communication strategies used by Edi Fadhil to raise citizen solidarity through Facebook were recognizing public target, namely a whole citizen level, arranging messages by determining theme, material, idiolect, message systematization, and communication technique; determining method for message delivery; and selecting media, namely Facebook. The supporting factor for this socialization was for the existence of share feature on Facebook while the obstacle encountered by Edi Fadhil was Facebook friendship system which only allowed up to five thousand friends per account so that the publication of Cet Langet Rumoh movement became limited.
Keywords: Communication Strategy, Edi Fadhil, Cet Langet Rumoh Movement.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia