Motivasi Warga Negara Asing Mengajar di English Fokus Banda Aceh

Fika Ludiana, Amsal Amri, Nur Anisah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Motivasi Warga Negara Asing Mengajar di English Fokus Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan motivasi warga negara asing mengajar di English Fokus dan motivasi apa saja yang mendorong warga negara asing mengajar di English Fokus Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebutuhan Abraham maslow. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktivitas eksplorasi dalam rangka memahami realitas. Sumber data penelitian berasal data primer dan data sekunder, data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan subyek penelitian sedangkan data  sekunder  melalui buku-buku, literature, brosur, website, dan dokumen-dokumen lain yang relavan. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah empat orang warga negara asing yang mengajar di English Fokus dan tiga orang informan tambahan yakni supervisor, dan dua orang murid English Fokus. Informan dipilih dengan menggunakan teknik kebetulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan motivasi warga negara asing yang memutuskan mengajar di English Fokus, dari munculnya kesadaran informan bahwa kebutuhan-kebutuhan seperti kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, untuk diakui, dan kebutuhan untuk di hargai sudah terpenuhi, Kemudian muncul kebutuhan aktualisasi diri warga negara asing untuk merelasasikan potensi dirinya, informan diajak mengajar di English Fokus Banda Aceh,  hingga pengambilan keputusan. Motivasi warga negara asing mengajar di English Fokus Banda Aceh dibagi menjadi dua kategori yakni because of motive, seperti pengaruh lingkungan keluarga, rasa kemanusian, pengalaman pribadi dan untuk mempertahankan karir dan in order to motive seperti mengembangkan karier, dan memberi manfaat untuk orang lain.

abstract-The title of this research is “Foreigner’s Teaching Motivation at English Fokus, Banda Aceh”. This research’s purpose is to know the foreigner’s teaching motivation process at ‘English Fokus’, Banda Aceh and what are their motive that encouraged foreign national to teach at English Fokus Banda Aceh. This research uses Abraham Maslow’s hierarchy of needs theory. This research uses qualitative method that is conducted by doing exploration in order to understand the reality. Primary and secondary data are used in this research. Primary data is gathered from observation and interview with four foreigners, three supervisors and two English Fokus’s students which are chosen by accidental technical and secondary data is gathered from books, literature, brochures, websites, and other relevant documents. This research’s result shows that the foreigner’s teaching motivation process is arising because the foreigner’s self-actualization needs emergence to develop their potential. When decision-making process there are two motive that influence influence their decision to become teacher in English Fokus. They are‘because of motive’,such as the influence of family environment, sense of humanity, personal experience, to defend carrier, and ‘in order tomotive’ such as to develop carier and to give benefit for other people.



Keywords


Motivasi; warga negara asing; mengajar; di English Fokus; motivation; foreigner; teaching; English Fokus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia