Efektivitas Promosi SFS (shoutout for shoutout) di Instagram dalam Membangun Minat Beli Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala
Abstract
Abstrak-Penelitian ini berjudul “Efektivitas Promosi SFS (shoutout for shoutout) di Instagram dalam Membangun Minat Beli Masyarakat Syiah Kuala”. Promosi bertujuan untuk mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk calon pelanggan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas promosi SFS yang dilakukan di media sosial Instagram dalam membangun minat beli konsumen. Teori yang digunakan adalah teori Hierarchy of Effect dengan memperhatikan tiga proses keefektivitasan iklan sebelum konsumen mengambil keputusan pembelian yaitu kognitif, afektif dan konatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi terhadap delapan informan. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu menentukan informan berdasarkan dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, promosi SFS yang ditampilkan di Instagram sudah berjalan efektif dalam membangun minat beli konsumen, akan tetapi beberapa informan masih merasa terganggu dengan banyaknya promosi yang dilakukan secara terus-menerus tanpa adanya jeda. Dari tujuh informan, empat diantaranya tidak pernah melakukan pembelian melalui promosi SFS akan tetapi mereka hanya sampai pada minat beli saja, sedangkan tiga informan lainnya melakukan pembelian melalui promosi SFS ini.
Abstract - This study entitled "Effectiveness of Promotional SFS (shoutout for shoutout) in Instagram in Building Public Interest Buy Syiah Kuala". Promotion aims to communicate the benefits of the product and to persuade potential customers to buy the product. This study aims to determine how the effectiveness of promotional SFS conducted in Instagram social media in building consumers to buy. The theory used is the theory of Hierarchy of Effect by taking into account three processes ad effectiveness before consumers make purchasing decisions that effect the cognitive, affective and conative. The method used in this research is qualitative method with descriptive approach. The data collection is done with unstructured interviews, participant observation passive, and documentation of the eight informants. Selection of informants by using purposive sampling technique, which was to determine informants in accordance with some predetermined criteria. Based on this research, promotion SFS shown in Instagram has been effective in building consumer buying interest, but some informants still feel disturbed by the amount of promotion done continuously without gaps. Of the sevent informants, four of which have never made a purchase through the sale of SFS but they only came to the buying interest only, while three other informants to make purchases through the promotion of this SFS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia