PENGARUH PESAN MEME PENDIDIKAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERKULIAHAN (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pesan Meme Pendidikan di Media Sosial Instagram terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan apakah ada pengaruh pesan meme pendidikan di media sosial Instagram terhadap persepsi mahasiswa tentang perkuliahan. Pada penelitian ini pengaruh persepsi mahasiswa dilihat dari pesan meme pendidikan yang ada di Instagram. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 29.046 mahasiswa, jumlah sampel yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin presisi 10% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden. Teori S-O-R merupakan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini, dimana menurut teori S-O-R menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan mempekirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikasi. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif analisis eksplanatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, dan diolah secara statistik dangan program SPSS versi 23 yaitu, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t-hitung, dan identifikasi determinan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah sebesar 13,262 dan nilai ttabel pada 0,05 pada uji dua sisi diketahui 1,984, maka Ha diterima, dan dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh nilai b = 0,942 (94,2%) dengan taraf signifikansi 0,000 artinya pesan meme pendidikan di media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa tentang perkuliahan.
Kata Kunci: Pesan meme, Instagram, Persepsi Mahasiswa.
This study entitled "The Influence of Meme Education Messages on Social Media Instagramto Student Perceptions about The Lecture (Case Study on Syiah Kuala University Students in Banda Aceh)". This study aims to see and explain the influence of meme education messages on social media Instagramto student perceptions aboutthe lecture. In this study the influence of students' perceptions is observed by meme education messageson Instagram. The population in this study was29.046 students of Syiah Kuala University, and the number of samples is determined using Slovin precision formula 10% of the total population, so the number of the sample taken is 100 respondents. The S-O-R theory is the main theory used in this study, in which according to the theory the effects are specific reactions to specific stimuli so that one can expect and estimatethe compatibility between the message and the communication reactions. The approach used in this study is explanative analysis quantitative approach. The primary data in this study were obtained through a survey using a questionnaire as a research instrument, and statistically processed by SPSSversion 23, i.e., classic assumption test, simple linear regression test,tscoretest, and the determinant identification. Based on the result of this study, it can be concluded that the hypothesis testing results obtained tscore13.262 and ttabel0.05on two-sided test 1,984, so Ha is received, and the linear regression calculation result is b = 0.942 (94.2%) with a significance level of 0.000 means that meme education messages on social media Instagram are positive and significantto student perceptions about the lecture.
Keywords: Meme message,Instagram, Student Perception.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia