STRATEGI DINAS KOPERASI, USAHA KECIL MENENGAH DAN PERDAGANGAN KOTA BANDA ACEH DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI ERA DIGITAL
Abstract
ABSTRAK
Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perdagangan Kota Banda Aceh. Permasalahan yang terjadi di lapangan tentang pemberdayaan UMKM di kota Banda Aceh, salah satunya adalah kemampuan pelaku usaha dalam bersaing yang disebabkan oleh belum optimalnya pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah, program seminar dan pelatihan yang bersifat sementara, dengan jumlah UMKM Kota Banda Aceh mencapai 16.300 jiwa pada 2021 dengan pelatihan yang terhitung masih sedikit di laksanakan sehingga dirasa kurang efektif dalam menjadikan pelaku usaha kreatif dan inovatif di kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dinas koperasi UKM dan perdagangan kota Banda Aceh dalam memberdayakan para pelaku UMKM di era digital. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Penelitian ini menggunakan teori strategi dan teori pemberdayaan. Data penelitian ini di peroleh dari hasil penelitian di lapangan dan kepustakaan. Hasil peneletian ini menunjukan bahwa dalam pelaksaanaan strategi programnya belum dapat tersampaikan secara optimal informasi mengenai program-program dinas kepada pelaku UMKM. Sehingga program yang dilaksanakan belum secara tepat dan menyeluruh. Faktor penghambat diantaranya kurangnya pemahaman akan teknologi dan kemauan untuk berkembang mengikuti kemajuan teknologi bagi pelaku UMKM dan belum sepenuhnya mencari informasi untuk mengembangkan UMKM mereka dalam hal strategi pemasaran tentang produknya. Disarankan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh harus mampu melihat apa yang di butuhkan oleh para pelaku UMKM selain promosi secara langsung dengan kemitraan promosi juga harus dilakukan dengan cara berperan aktif mengelola akun sosial media nya untuk mempromosikan program-programnya secara tepat, agar program-programnya dapat tepat sasaran dan efektif kepada para pelaku UMKM di Kota Banda Aceh, dan dapat meningkatkan perkonomian UMKM Kota Banda Aceh di era digital.
Kata Kunci : Strategi, Pemberdayaan,UMKM, Era Digital
ABSTRACT
The Department of Cooperatives, SMEs and Trade of Banda Aceh City has the main task of carrying out government affairs in the fields of Cooperatives, Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) and Trade of Banda Aceh City. Problems that occur in the field regarding the empowerment of MSMEs in the city of Banda Aceh, one of which is the ability of business actors to compete caused by the not yet optimal empowerment carried out by the government, seminars and training programs that are temporary, with the number of MSMEs in Banda Aceh City reaching 16,300 people in 2016. 2021 with relatively little training being carried out so that it is deemed less effective in making creative and innovative business actors in the city of Banda Aceh. This study aims to explain the strategy of the SME cooperative and trade department of Banda Aceh in empowering MSME actors in the digital era. This research method is qualitative with descriptive approach. This research uses strategy theory and empowerment theory. The data of this research were obtained from the results of research in the field and the literature. The results of this research indicate that in the implementation of the program strategy, information has not been optimally conveyed about official programs to MSME actors. So that the program has not been implemented properly and comprehensively. Inhibiting factors include a lack of understanding of technology and a willingness to develop following technological advances for MSME actors and not yet fully seeking information to develop their MSMEs in terms of marketing strategies for their products. It is recommended that the SME Cooperatives and Trade Office of Banda Aceh City should be able to see what MSME actors need in addition to direct promotion with promotional partnerships that must also be carried out by playing an active role in managing their social media accounts to promote their programs appropriately, so that programs can be implemented properly. the program can be targeted and effective for MSME actors in the city of Banda Aceh, and can improve the MSME economy in the city of Banda Aceh in the digital era.
Keywords: Strategy, Empowerment, MSMEs, Digital Era
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia