STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI ACEH DI DAPIL 3 PADA PILEG 2019 KABUPATEN GAYO LUES
Abstract
Partai Aceh merupakan partai lokal Aceh yang diprakarsai oleh mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) setelah konflik panjang selama 30 tahun dengan pemerintah pusat (NKRI). Partai yang merupakan representasi perjuangan rakyat Aceh ini pada pemilukada 2017 berhasil memenangkan kursi eksekutif pemerintahan Kabupaten Gayo Lues. Namun pada pemilihan legislatif 2019 di daerah pemilihan 3 Kabupaten Gayo Lues, Partai Aceh justru mengalami penurunan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Politik Partai Aceh dalam Menghadapi Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Gayo Lues dan penyebab terjadinya kekalahan di daerah pemilihan 3. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini yaitu teori marketing politik Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partai Aceh Kabupaten Gayo Lues melakukan marketing politik dalam menghadapai pemilihan legislatif tahun 2019 melalui aktivitas politiknya. Namun personal branding yang tidak mumpuni dari kandidat yang diusung menyebabkan strategi pemenangan tidak berjalan optimal di daerah pemilihan 3. Dari hasil temuan penelitian, Partai Aceh sebagai partai lokal yang memiliki nilai kedaerahan yang tinggi dapat melakukan revitalisasi kaderisasi untuk meningkatkan pastisipasi di kalangan masyarakat di daerah dapil 3 Kabupaten Gayo Lues.
Kata Kunci : Strategi Marketing Politik ,Partai Aceh, Pemilihan legislatif 2019 Kabupaten Gayo Lues.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia