Komunikasi Kelompok Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 DKI Jakarta Banda Aceh)

Dr. Taqwaddin, S.H, S.E, M.S

Abstract


ABSTRAK, Penelitian ini berjudul “Komunikasi Kelompok Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 DKI Jakarta Banda Aceh)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kelompok oleh siswa baru dalam pembentukan karakter di lingkungan kelas X SMA Negeri 4 DKI Jakarta Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis dilakukan berdasarkan pada teori keseimbangan Fritz Heider yang mengacu pada individu sebagai bagian dari stuktur sosial. Teori keseimbangan Haider memusatkan perhatiannya pada hubungan intra-pribadi (intra personal) yang berfungsi sebagai daya tarik. Daya tarik menurut Haider ialah semua keadaan kognitif yang berhubungan dengan perasaan suka dan tidak suka terhadap individu-individu dan objek lain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terhadap informan berjumlah 8 (delapan) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok yang diterapkan siswa baru kelas X SMA Negeri 4 DKI Jakarta Banda Aceh berjalan dengan efektif. Dimana para siswa baru mampu beradaptasi dengan cepat pada lingkungan dan teman baru yang ditemuinya, tidak memandang status sosial maupun asal sekolah terdahulu siswa tersebut. Kendala dan hambatan yang dilalui oleh siswa baru kelas X tidak terlalu signifikan, karena mereka mampu berbaur dan menyelesaikannya dalam waktu yang singkat sehingga menjadi kelompok pertemanan yang solid.

Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Karakter, Siswa Kelas X

GROUP COMMUNICATION IN FORMING STUDENT CHARACTERS

 (STUDY IN CLASS X STUDENTS OF SMA 4 DKI JAKARTA BANDA ACEH)

ABSTRACT, This study is entitled "Group Communication in Forming Student Character (Study of Class X Students of SMA 4 DKI Jakarta Banda Aceh)". The purpose of this study was to determine the way of group communication by new students in character building in the class X environment of DKI Jakarta Public High School 4 Banda Aceh. This research uses a descriptive qualitative approach. The analysis was carried out based on Fritz Heider's balance theory which refers to individuals as part of the social structure. Haider's balance theory focuses its attention on intra-personal relationships (intra-personal) that function as attraction. The attraction according to Haider is that all cognitive states are related to feelings of like and dislike for individuals and other objects. Data collection techniques in this study used interviews with informants numbering 8 (eight) people. The results showed that the group communication applied by new students of class X at DKI Jakarta Public High School 4 Banda Aceh proceeded effectively. Where new students are able to adapt quickly to the environment and new friends they meet, regardless of the social status or origin of the student's previous school. The obstacles and obstacles that are passed by new students in class X are not too significant, because they are able to blend and solve them in a short time so that they become a solid group of friends.

Keywords: Group Communication, Character, Class X Students


Keywords


Komunikasi Kelompok, Karakter, Siswa Kelas X

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia