Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Aktivitas Promosi Pada Akun Instagram @reborn_29
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Akun Instagram @reborn_29“. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas promosi akun @reborn_29 dalam meningkatkan penjualan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA, yang mana untuk meningkatkan penjualan memerlukan pemahaman mengenai konsumennya dan merupakan metode yang paling sering digunakan dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dari penilitian ini terdiri dari 2 (dua) orang yang merupakan admin dari akun @reborn_29. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat strategi bauran promosi (promotion mix) berupa pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations). Dan faktor lain dalam aktivitas promosi pada akun @reborn_29 tidak lepas dari penggunaan fitur-fitur instagram, penyusunan feed instagram yang rapi dan bertema, penggunaan model yang dapat membawa produk lebih menarik serta pemilihan foto untuk postingan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Aktivitas Promosi, REBORN29, @reborn_29, social media, Instagram.
ABSTRACT
This study is entitled "Marketing Communication Strategies Through Promotional Activities in Increasing Sales on Instagram Accounts @ reborn_29". This study aims to determine the promotion activity of @ reborn_29 accounts in increasing sales. The theory used in this research is AIDDA theory, which to increase sales requires an understanding of consumers and is the method most often used in marketing. This research uses a descriptive qualitative approach. The informants of this research consisted of 2 (two) people who were the admin of the account @ reborn_29. Data collection techniques used were in-depth interviews and documentation. The results of this study indicate that there is a promotion mix strategy in the form of direct marketing, sales promotion, and public relations. And other factors in promotional activities on the @ reborn_29 account cannot be separated from the use of Instagram features, the preparation of neat and themed Instagram feeds, the use of models that can bring more interesting products and the selection of photos for posting.
Keywords: Marketing Communication Strategy, Promotion Activities, REBORN29, @ reborn_29, social media, Instagram.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia