Gaya Komunikasi Kepemimpinan Daud Pakeh dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh

Hanifarrahmi Hanifarrahmi, Nur Anisah, M.Si

Abstract


Penelitian ini berjudul Gaya Komunikasi Kepemimpinan Daud Pakeh dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. Teori yang digunakan adalah teori Hubungan antar manusia. Fokus penelitian adalah melihat bagaimana jalinan komuunikasi pimpinan sehingga meningkatkan kinerja pegawai. Metode yang digunakan adalah analisis data dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diambil dengan cara wawancara kepada beberapa pegawai yang bekerja di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa Daud pakeh menggunakan gaya komunikasi the equalitarian Styles dan The Structural Styles dalam meningkatkan kinerja pegawai. Gaya komunikasi the equalitarian Styles sangat efektif dalam memelihara empati dan kerjasama, khususnya dalam situasi untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan yang kompleks. Sedangkan Gaya The Structuring Style merupakan Gaya komunikasi yang terstruktur, memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi. Dengan kedua gaya komunikasi ini Pemimpin mampu membangun komunikasi baik formal maupun non formal dengan anggota dari organisasi yang nantinya membuka kesempatan bagi tiap anggota untuk bertukar informasi dan gagasan, hal tersebut memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya.

 

 Communication Style of Daud Pakeh Leadership in Improving Employee Performance in the Ministry of Religious Affairs Regional Office of Aceh Province

This study is entitled Communication Style of Daud Pakeh Leadership in Improving Employee Performance in the Ministry of Religious Affairs Regional Office of Aceh Province. This study aims to determine the communication style to improve employee performance. The theory used is Human Relation Theory. The focus of the research is to see how the leadership communication can improve employee performance. The method used is data analysis with a descriptive qualitative approach. Data collection was taken by interviewing several employees working in the Ministry of Religious Affairs Regional Office of Aceh Province. The results of the study show that Daud Pakeh used The equalitarian styles and The Structural Styles in improving employee performance. the equalitarian styles are very effective in maintaining empathy and cooperation, especially in situations to make decisions about a complex problem. Whereas The Structuring Style is a structured communication style, utilizing verbal messages in writing and verbally in order to establish orders that must be carried out, scheduling tasks and work and organizational structure. With these two communication styles the Leader is able to build communication both formal and non-formal with members of the organization which later opens opportunities for each member to exchange information and ideas, which motivates employees to improve their performance.

 


Keywords


ommunication Style, Leadership, Employee Performance ; Gaya Komunikasi, Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia