Pelayanan pasien Disabilitas ( studi kasus di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh Pada Sistem Pelayanan Kesehatan Pasien Disabilitas)

imalisa imalisa

Abstract


ABSTRAK

 Penelitian ini berawal dari adanya pelayanan terhadap pasien disabilitas di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh. Dimana Pelayanan selalu mendapatkan citra negatif yang tidak menguntungkan bagi perkembangan rumah sakit itu sendiri (khususnya dalam hal pelayanan publik di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh), dan sulitnya meningkatkan mutu pelayanan bagi pasien disabilitas diakibatkan kurangnya penyediaan bahan habis pakai seperti alat-alat terapi,kursi roda dan obat-obatan, belum lengkapnya sarana dan prasarana untuk menangani jumlah pasien disabilitas yang semakin tahunnya semakin meningkat. Masyarakat pun mengeluh dengan system pelayanan yang tidak memuaskan atau masih asalasalan terhadap pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelayanan pasien disabilitas di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh, dan untuk mengetahui Responsivitas pasien disabilitas terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh. Teori yang digunakan disini adalah teori kinerja sektor publik oleh levine, untuk melihat pelayanan terhadap pasien disabilitas dan Responsivitas  pasien terhadap pelayanan pasien disabilitas di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh. Untuk mencapai penelitian, jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. menggunakan teknik. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang memenuhi criteria subjek penelitian, adapun informannya terdiri dari 2 keluarga pasien Tuna Wicara/bisu yang merupakan pasien dari Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh, 2 pasien Tuna Daksa/lumpuh, 1 orang pasien Tuna Rungu dan 1 pasien Tuna Netra/buta yang semuanya merupakan pasien dari Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh.

 

Kata Kunci; Pelayanan, Kesehatan, Pasien Disabilitas

 

                                                             ABSTRACT

 

This study began with a service for patients with disabilities at Cut Nyak Dhien Meulaboh Hospital. Where Services are a form of activity used by government agencies in the form of goods or services both in the context of efforts to fulfill and in the context of implementing order, and the difficulty of improving the quality of services for patients with disabilities due to the lack of supply of consumables such as therapeutic equipment, wheelchairs and medicine, incomplete facilities and infrastructure to handle the increasing number of disability patients. The public also complained that the service system was unsatisfactory or still careless about patients. The purpose of this study was to determine the form of disability patient services at the Cut Nyak Dhien Meulaboh District General Hospital, and to determine the responsiveness of disability patients to services at the Cut Nyak Dhien Meulaboh District General Hospital. The theory used is the theory of public sector performance by Levine, to see services for disability patients and patient responsiveness to disability patient services at Cut Nyak Dhien Meulaboh Hospital. To achieve this research, this type of research uses descriptive research methods using a qualitative approach. The sampling technique uses purposive sampling technique. Data obtained through in-depth interviews with informants who meet the criteria of research subjects. The results of this study indicate that public services are to encourage changes in quality that are very broad and also quality in an effort to improve health services to patients with disabilities.

 

Keywords; Services, Health, Disability Patients


Keywords


Keywords; Services, Health, Disability Patients

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia