Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Sales Promotion Pada PT. Era Baru Mandiri
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Sales Promotion Pada PT. Era Baru Mandiri”. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap peningkatan kinerja sales promotion. Dalam penelitian ini variabel (X) yaitu pelaksanaan motivasi dan variabel (Y) yaitu kondisi kinerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Era Baru Mandiri, Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanasi, populasi dalam penelitian ini yaitu sales promotion PT. Era Baru Mandiri yang berjumlah 1923 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang yang berasal dari 12 perusahaan mitra PT. Era Baru Mandiri yang ditentukan berdasarkan rumus Taro Yamane dan teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori motivasi kerja menurut Abraham Maslow yang menjelaskan manusia mempunyai needs (kebutuhan, dorongan, intrinsic dan extrinsic factor), yang pemunculannya sangat tergantung dari kepentingan individu. Data primer dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran data. Data dalam penelitian ini diolah secara statistik dengan menggunakan program SPSS versi 20,0 yaitu dengan menguji validitas dan reliabilitas, regresi linear sederhana, uji t-hitung, identifikasi determinan, serta menjelaskan kuesioner secara eksplanatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh uji Hipotesis nilai thitung untuk variabel Pelaksanaan Motivasi adalah 6,678 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai ttabel pada α = 5% adalah 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (6,678 > 1,984) dengan signifikansi (kurang dari 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pelaksanaan motivasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja sales promotion.
EFFECT OF MOTIVATION ON SALES PROMOTION PERFORMANCE IN PT. ERA BARU MANDIRI
The research was titled "The Influence of motivation on Sales Promotion performance at PT. Era Baru Mandiri". The goal is to know how much motivation affects the performance increase in sales promotion. In this study the variable (X) is the implementation of motivation and variable (Y) namely performance conditions. This research was conducted at PT. Era Baru Mandiri, Banda Aceh. The approach used in this research is a quantitative approach with an exploitation survey method, the population in this research is sales promotion PT. Era Baru Mandiri which amounted to 1923 people and samples in this study was 100 People from 12 partner companies of PT. Era Baru Mandiri which are determined based on the formula of Taro Yamane and sample withdrawal technique using Purposive Sampling. The theory used in this study is the motivational theory of work according to Abraham Maslow which explains human beings have needs (needs, encouragement, intrinsic and extrinsic factor), whose appearance depends heavily on the interests of the individual. The primary data in this study is a questionnaire using the Likert scale as a data measurement scale. The Data in this study was processed statistically by using SPSS program version 20.0, which is to test the validity and reliability, simple linear regression, T-count test, identify determinant, and explain questionnaires in an expressive way. Based on the results of the study can be concluded that the results of the hypothesis testing obtained the Thitung value hypothesis test for the implementation of motivation variable is 6.678 with significance level 0.000. The value at α = 5% is 1.984. Based on the hypothesis test criteria that is Thitung > this (6.678 > 1.984) with significance (less than 0.05) then H0 rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the motivation implementation variable affects the performance improvement of sales promotion.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia