INTERAKSI DAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI YAYASAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

Vera Jannati Talsyah, Maimun Maimun

Abstract


ABSTRAK

Dalam proses menumbuhkan perilaku kemandirian anak asuh sangat dipengaruhi oleh peran dari ayah dan ibunya, akan tetapi tidak semua anak dapat tumbuh dan berkembang dengan orangtuanya. Anak dihadapkan pada keadaan yang sulit dimana mereka harus terpisah dengan keluarganya sehingga anak menjadi yatim, piatu, yatim piatu, anak tidak mampu dan terlantar.Untuk menanggulangi masalah ini hadir yayasan yang dapat meningkatkan kesejahteraan anak dengan cara mendidik, merawat, membimbing dan mengarahkan kepada minat dan bakat dari anak-anak asuh sepertiyang dilakukan oleh orangtua didalam keluarga. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses interaksi dalam penanaman perilaku kemandirian anak diyayasan SOS Children’s Village. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perilaku kemandirian anak asuh diyayasan SOS Children’s Village. (3) Untuk mengetahui perilaku kemandirian anak asuh diyayasan SOS Children’s Village. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori interaksionisme simbolik dan teori kemandirian untuk menganalisis data. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dimana wawancara dan angket sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kemandirian anak tumbuh melalui proses interaksi yang dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan serta pola asuh yang diterapkan di yayasan SOS Children’s Village kepada anak.

Kata Kunci: Interaksi, Perilaku Kemandirian, Anak Asuh

INTERACTION AND BEHAVIOUR OF FOSTER CARE IN "SOS CHILDREN'S VILLAGE" LAMREUNG SUBDISTRICT DARUL IMARAH DISTRICT ACEH BESAR

ABSTRACT 

In the process of fostering the independence behavior of foster children is strongly influenced by the role of the father and mother, but not all children can grow and develop with their parents. Children are faced with difficult conditions where they must be separated from their families so that children become orphans, orphans, orphans, children are unable and displaced. and talents of foster children as do parents in the family. The objectives of this research are: (1) To find out the process of interaction in inculcating children's independent behavior, which is SOS SOS Children's Village. (2) To find out what factors can influence the independent behavior of foster children, they are SOS Children's Village. (3) To find out the independent behavior of the foster children, they are SOS Children's Village. In this study, researchers used the theory of symbolic interactionism and the theory of independence to analyze data. Researchers used a qualitative approach in which interviews and questionnaires were used as data collection tools. The results of this study indicate that the child's independence of behavior grows through a process of interaction that is influenced by the environment, education and parenting that is applied at the SOS Children's Village Foundation to children. 

Keywords: Interaction, Independence Behavior, Foster Children


Keywords


Interaksi, Perilaku Kemandirian, Anak Asuh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia