Sosialisasi Calon Presiden dan Wakil Presiden Oleh Partai Politik Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi Pada Pemasangan Alat Peraga Kampanye di Kecamatan Baiturrahman);SOCIALIZATION OF PRESIDENTIAL CANDIDATES AND PRESIDENTIAL VOCATIONS ON GENERAL ELECTIONS IN 2019 (Case Study on the Installation of Campaign Props in Baiturrahman District)

Hendrayana Hendrayana, Effendi Hasan

Abstract


ABSTRAK

Pemilihan Umum Tahun 2019 untuk pertamakalinya PEMILU dilakukan serentak antara pemilihan presiden dan Pemilihan legislatif. Partai politik dalam pemilihan presiden  terbagai dalam dua koalisi yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin yang diusung dan didukung oleh sembilan Partai Politik dan pasangan Nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang diusung dan didukung oleh lima Partai Politik. Karena pemilu dilakukan serentak maka oleh itu partai politik mempunyai tugas ganda dalam hal proses kampanye, disatu sisi partai politik harus mensosialisasikan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh partainya dan disisi lain partai politik juga harus mensosialisasikan para calon legislatif dari partainya. Beberapa partai politik mengintruksikan kepada para calon legislatif untuk menempatkan gambar atau slogan Capres dan Cawapres yang didukung oleh partainya. Di kecamatan Baiturrahman kota Banda Aceh terdapat banyak alat praga kampanye calon legislatif yang tidak menempatkan gambar atau slogan Capres dan Cawapres yang didukung oleh partainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa calon legislatif tidak menempatkan gambar capres dan cawapares yang diusung oleh partainya pada alat praga kampanye, dan untuk mengetahui dampak apakah yang terjadi terhadap partai politik dan capres dan cawapres terhadap diadakanya pemilu serentak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan penelitian wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah beberapa partai politik dalam proses sosialisasi dan kampanye memang mengintruksikan kepada legislatif untuk menempatkan gambar atau slogan capres dan cawapres yang didukung oleh partainya di alat praga kampanye, namun demikian tidak semua partai mengeluarkan intruksi yang demikian. Banyaknya isu negatif terhadap calon presiden membuat para Caleg tidak menempatkan gambar capres dan cawapres yang didukung oleh partai pada alat praga kampanye mereka. Disarankan proses pemilu yang serentak untuk dapat dikaji kembali dikarenakan membuat kinerja partai politik menjadi ganda terutama dalam proses kampanye dan menjadi tidak efektif.

Kata Kunci : Sosialisasi, Pemilu, Partai Politik, Alat Praga Kampanye.

 

ABSTRACT

General election since 2019 for fristly election done simultaneously between general presedent and general legislative party politic in general presidensial devided into of  nomer 01 Jokowi Ma’ruf amin a carried and sponsor of nine party politic and partner nomer 02 Prabowo- Sandi a carried and sponsor of five party politic. Because election done general therefore party politic have work double in process campaign, a corner party politic of sosicialization candidate precident and vice candidate  it was a party political and on the order also party should the sosialization candidate legilative from party, several political parties an intruduction to candidate legislative put for image or slogan capres and cawapres an sponsor of party, in the sub-district city baiturrahman cities banda aceh there are props campaign candidate legislative not put pictures or slog capres and cawapres a sponsory a party. The in reserach is for find out the reason why candidate legislative not put pictures candidate   and vice candidate  carried out by his party on campaign maintenance tools, and to find out what the impact has been on political parties and presidential candidates and vice presidential candidates on simultaneous elections. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study were obtained by conducting interview research and documentation. The results of this study are that some political parties in the process of socialization and campaigning have indeed instructed the legislature to place images or slogans of the president and vice-president supported by their parties in campaign guards, but not all parties issued these instructions. The number of negative problems with the presidential candidates made the candidates not place images of presidential and vice-presidential candidates supported by the party on their campaign maintenance tools. It is recommended that the election process be simultaneously reviewed because it makes the performance of political parties multiply, especially in the campaign process and becomes ineffective.

Keywords: Socialization, General Elections, Political Parties, Praga Campaign Tools.


Keywords


Kata Kunci : Sosialisasi, Pemilu, Partai Politik, Alat Praga Kampanye;Keywords: Socialization, General Elections, Political Parties, Praga Campaign Tools.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia